Nusantara

PJ Bupati Sarolangun Hadiri Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting dan Penilaian Kader Berprestasi dan Posyandu Terbaik

Admin
×

PJ Bupati Sarolangun Hadiri Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting dan Penilaian Kader Berprestasi dan Posyandu Terbaik

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Sarolangun Jambi – Pj Bupati Sarolangun, Bachril Bakri menghadiri kegiatan Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Desa Danau Serdang Kecamatan Pauh Sarolangun Jambi.(10/06/2024).

Turut hadir mendampingi Pj Bupati Sarolangun, Camat Pauh Jupri, Kades Desa Danau Serdang, TP PKK Sarolangun, para kader Posyandu, dan tim penilai dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sarolangun.

Pada sambutannya Pj Bupati Sarolangun mengatakan stunting merupakan permasalahan kekurangan gizi utama Balita Indonesia saat ini, penyebab utama Stunting dikarenakan kurangnya asupan gizi dalam waktu yang lama dan penyakit infeksi berulang.

“Deteksi dini masalah kesehatan pada ibu hamil, balita dan calon pengantin diharapkan dapat menjadi langkah penapisan pertama di tingkat masyarakat yang dilaksanakan melalui Posyandu,” ujar PJ Bupati.

“Gerakan pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting bertujuan meningkatkan cakupan kunjungan sasaran untuk datang ke Posyandu dan mendeteksi dini masalah gizi melalui pengukuran antropometri, dilanjutkan pemberian edukasi pencegahan stunting dan melakukan tindakan intervensi segera pada sasaran bermasalah gizi yang telah diverifikasi oleh tenaga kesehatan di Puskesmas.”tambahnya.

Selain itu, Pj Bupati Sarolangun juga menyampaikan penanganan dan pengendalian stunting merupakan prioritas nasional dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.

“Target pemerintah di tahun 2024 angka prevalensi stunting diangka 14 persen nasional. Kita Alhamdulillah sudah melebihi target yang ditetapkan oleh provinsi yaitu sebesar 11 persen. Kita sekarang sudah 4,8 persen,” terangnya.

Hal ini merupakan prestasi yang luar biasa, tambahnya, dan tidak terlepas dari kerjasama semua pihak dalam upaya penurunan stunting di Kabupaten Sarolangun.

Selain melakukan Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting, Kabiro Perencanaan Kemendagri ini juga menghadiri penilaian kader berprestasi dan Posyandu terbaik. Penilaian ini dilakukan di Posyandu Melati Desa Danau Serdang, Kecamatan Pauh Sarolangun Jambi.

Khusus untuk penilaian Kader Berprestasi dan Posyandu terbaik, Pj bupati minta agar Sarolangun menampilkan yang terbaik, karena hal ini terkait dengan membawa nama baik Kabupaten Sarolangun.

Diketahui pada tahun 2023 Kabupaten Sarolangun pernah mendapatkan penghargaan juara I Pelayanan Posyandu Berprestasi tingkat Provinsi Jambi dalam rangka penanganan stunting, yaitu Posyandu Desa Perdamaian, Singkut.

“Siapkan dengan baik penggantinya (juara), jangan sampai yang juara I tidak lagi dapat. Tolong dari pihak Dinas Kesehatan bisa pilih yang baik, tepat. Ini harus kita pertahankan,” harapnya.

 

Pewarta : Hendri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *