Nusantara

Somasi warganya yang demo, Kuasa Hukum nilai oknum Kades Buntu Bedimbar bungkam aspirasi warga

Admin
×

Somasi warganya yang demo, Kuasa Hukum nilai oknum Kades Buntu Bedimbar bungkam aspirasi warga

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Medan Sumut – Terkesan arogan dan tak ingin dikritik, Kepala Desa (Kades) Buntu Bedimbar, Kec Tg Morawa, Kab Deli Serdang berinisial MM, melalui Kuasa Hukum MP & Associates melakukan somasi kepada beberapa warganya yang melakukan aksi damai.

Warga yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Buntu Bedimbar (GAMPBB) melakukan aksi demo karena diduga Kades Buntu Bedimbar telah melakukan korupsi ADD serta diduga kawin siri dengan Sekretaris Desa (Sekdes) nya sendiri.

Menurut M.Sa’i Rangkuti, SH.,MH, selaku Kuasa Hukum beberapa warga yang tergabung di dalam GAMPBB, Rabu (12/6), mengatakan bahwa oknum Kades MM berpotensi membungkam aspirasi masyarakat desanya sendiri dengan melakukan somasi terhadap warga desa yang berdemo meminta agar Kades transparansi dalam mengolah keuangan ADD dan DD.

“Saya selaku Kuasa Hukum beberapa warga Desa Buntu Bedimbar yang disomasi MM, akan melakukan perlawanan hukum, karena kita yakin bahwa yang disampaikan klient kami ini adalah sebuah kebenaran,” ungkap M. Sa’i Rangkuti.

Lanjutnya,” Apa bila klient kami melakukan aksi unjuk rasa atau demo yang mana unjuk rasa tersebut dijalankan dengan cara-cara yang dibenarkan oleh Undang-Undang, maka aturan hukum manakah yang dilanggar,” ungkap M. Sa’i Rangkuti.

Di tempat yang sama, Koordinator aksi GAMPBB, Sarjono Syam yang juga disomasi MM, mengatakan bahwa dirinya dan beberapa warga lainnya meminta agar pihak terkait melakukan pemeriksaan oknum Kades MM itu terkait dugaan penyelewengan dalam penggunaan anggaran dana desa (ADD) dan dana desa (DD).

“Kami minta kepada Kejari Deli Serdang agar memeriksa Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Kasi Kesos yang diduga kuat sudah melakukan korupsi, kolusi, nepotisme (KKN) dalam menjalankan jabatan di pemerintahan desa. Apalagi Kepala Desa dan Sekretaris Desa merupakan suami istri berdasarkan pengakuannya sendiri, sehingga dana pembangunan di desa, ketahanan pangan diduga fiktif dan tidak melibatkan masyarakat dalam ketahanan pangan. Kami meminta untuk dilakukan audit harta kekayaan dengan melibatkan LHKPN,” ungkap Sarjono.

Sarjono Syam juga menuturkan agar oknum Sekdes yang telah diakui Kades MM sebagai istrinya tidak lagi menjabat sebagai Sekdes dan ditempatkan di Desa Buntu Bedimbar ini, karena kayaknya tak pantas suami istri memegang peran penting di satu pemerintahan Desa,” pungkasnya.

Sebelumnya, warga yang tergabung di dalam Aliansi Masyarakat Peduli Buntu Bedimbar (GAMPBB) melakukan aksi damai di Kantor Desa Buntu Bedimbar mendesak Kejaksaan Negeri (Kejari) Deli Serdang memeriksa Kepala Desa (Kades) Buntu Bedimbar inisial MM, terkait tidak transparan dalam penggunaan anggaran dana desa (ADD) dan dana desa (DD) dan melakukan dugaan perkawinan siri dengan oknum Sekdesnya.

 

Pewarta : Herman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *