Nusantara

Galian C Ilegal Merajalela di Aceh Utara, Warga Resah, Aparat Diam

Admin
×

Galian C Ilegal Merajalela di Aceh Utara, Warga Resah, Aparat Diam

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Aceh Utara – Aktivitas galian C ilegal diduga bebas beroperasi di Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara. Keberadaan galian C ini semakin meresahkan warga setempat, terutama dengan banyaknya dam truck pengangkut material jenis Tasirtu (pasir, batu, dan kerikil) yang melintas tanpa menutup bak mobilnya dengan terpal atau tenda.

Amatan awak media ini Rabu 3 Juli 2024, menunjukkan bahwa truk-truk tersebut kerap melintasi jalan Simpang Lueng Angen di Aceh Timur menuju Panton Labu. Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran akan potensi kecelakaan lalu lintas akibat jatuhnya material Tasirtu dari bak truk yang tidak ditutupi dengan terpal. Para pengguna jalan mengeluhkan bahaya ini serta debu yang dihasilkan oleh angkutan tersebut, terutama karena jalan tidak disiram untuk mengurangi debu.

Warga setempat berharap agar pihak berwenang segera mengambil tindakan tegas terhadap aktivitas galian C ilegal ini. Namun, hingga saat ini, aparat penegak hukum (APH) diduga masih tutup mata terhadap praktik tersebut, meskipun keluhan dari masyarakat semakin meningkat.

Dampak negatif dari aktivitas ini tidak hanya dirasakan dari segi keselamatan jalan, tetapi juga kesehatan akibat debu yang berterbangan. Pemerintah daerah dan pihak terkait diharapkan segera bertindak untuk menghentikan operasional galian C ilegal ini demi keselamatan dan kenyamanan warga sekitar.

Sampai berita ini disiarkan, media ini belum mendapatkan konfirmasi dari APH Aceh Utara maupun pemilik usaha galian C ilegal.

 

Pewarta : Zul Aceh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *