3 PJ Gubernur DOB Papua resmi dilantik Mendagri

MITRAPOL.com, Jakarta – Mendagri melantik 3 PJ Gubernur DOB Papua dan peresmian ke pembentukan tiga provinsi di Papua, (11/11/2022 ) Gedung Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta pusat.

Hadir 3 PJ Gubernur DOB Papua terpilih dan Ketua Umum DPN Pemuda Adat Papua Jan Christian Arebo hadir sebagai undangan serta tokoh-tokoh masyarakat Papua.

Pada pelantikan Tiga Gubernur yang dilantik wilayah Papua adalah, Apolo Safanpo sebagai Gubernur Papua Selatan, Ribka Haluk sebagai PJ Gubernur Papua Tengah dan Nikolaus Kondomo sebagai PJ Gubernur Papua pegunungan.

Jan Christian Arebo yang hadir pada kesempatan itu sangat apresiasi dengan adanya pelantikan dan peresmian tiga propinsi di Papua.

Jan juga meminta agar anggaran APBD jangan lagi di berikan kepada provinsi induk tapi langsung di berikan kepada 3 provinsi yang baru, karena sudah adanya pelantikan sah secara defakto.

Pada tanggal 25 Juli 2022 telah disahkan tiga Undang-Undang (UU) terkait pembentukan provinsi baru di Papua, yaitu UU Nomor 14 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Selatan, UU Nomor 15 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Tengah, dan UU Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Pegunungan.

UU ini mengatur mengenai pembentukan Provinsi Papua Selatan yang diberi otonomi khusus dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Provinsi Papua Selatan berasal dari sebagian besar wilayah Provinsi Papua yang terdiri dari Kabupaten Merauke, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Mappi, dan Kabupaten Asmat.

Dengan disahkannya tiga UU tersebut, maka Papua saat ini terdiri dari lima provinsi, yaitu Provinsi Papua dengan ibu kota Jayapura, Provinsi Papua Barat dengan ibu kota Manokwari, Provinsi Papua Selatan dengan ibu kota Merauke, Provinsi Papua Tengah dengan ibu kota Nabire, dan Provinsi Papua Pegunungan dengan ibu kota Jayawijaya.

Ia pun berharap kedepan Provinsi Papua yang baru dapat menyesuaikan provinsi – provinsi lainnya di Indonesia agar dapat berjalan dengan baik, dan kedepan dengan adanya institusi TNI dan Polri segera hadir di daerah Provinsi yang baru, khususnya Kamtibmas untuk dapat berjalan dengan baik dan efektif.” ujarnya

Jan Cristian Arebo ,SH.,MH Ketua umum Pemuda Adat Papua bersama jajaran serta masyarakat Papua mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko widodo , wakil presiden Ma’aruf Amin serta Kementerian Dalam Negeri Tito Karnavian bersama wakil menteri dalam negeri yang mana hari ini telah mengesahkan menetapkan Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua pegunungan tengah menjadi Provinsi otonomi baru, sehingga seluruh provinsi saat ini menjadi 37 Provinsi di seluruh Indonesia, tutupnya.

 

Pewarta : Desy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *