Bupati Pesawaran, Hadiri Penyerahan Program Sertifikasi Tanah Hak Tanah Nelayan

MITRAPOL.com, Pesawaran – Pemerintah Daerah Kabupaten Pesawaran menyerahkan program Sertifikasi hak atas tanah nelayan (Sehat-Nelayan) tahun 2022.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Muhammad Aihusnuriski mengatakan, program (SeHAT-Nelayan) merupakan program kerjasama lintas sektoral antara Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pesawaran dengan Pemkab setempat.

“Hal ini dilakukan dalam rangka legalisasi aset pelaku usaha mikro dan kecil, dalam hal ini pelaku usaha perikanan khususnya nelayan yang ada di Kabupaten Pesawaran,” kata dia, di Desa Sukarame Kecamatan Punduh Pedada, Kamis 24 November 2022.

Selain itu, lanjutnya, program tersebut bertujuan untuk memberikan legalitas atau kepastian hukum hak atas tanah milik nelayan, sehingga dapat dimanfaatkan nelayan untuk mengakses permodalan pada lembaga keuangan seperti bank maupun non-bank.

“Program Sertifikasi Hak atas Tanah Nelayan ini telah dilaksanakan di Kabupaten Pesawaran sejak tahun 2018 sampai dengan tahun 2022, dimana sertifikat tanah milik nelayan yang telah terbitkan melalui kegiatan ini yaitu sebanyak 830 sertifikat tanah,” ujar dia.

“Dan pada tahun ini, Sertifikat Tanah Nelayan yang diterbitkan melalui Program Sehat-Nelayan sebanyak 170 Sertifikat tanah yang dialokasikan di Desa Sukarame Kecamatan Punduh Pedada sebanyak 106 Sertifikat dan Desa Kampung Baru Kecamatan Marga Punduh sebanyak 64 Sertifikat,” timpalnya.

Dirinya menjelaskan, Desa Sukarame dan Kampung Baru merupakan desa pesisir di Kabupaten Pesawaran yang memiliki potensi perikanan yang cukup besar, sehingga dengan adanya program-program ini diharapkan dapat mendorong masyarakat nelayan untuk mengembangkan usaha di bidang perikanan.

“Perlu juga saya sampaikan kepada seluruh masyarakat penerima sertifikat tanah untuk menggunakan sertifikatnya dengan baik dan benar. Manfaatkan sertifikat yang telah diberikan ini dengan sebaik-baiknya untuk mengembangkan usaha sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah pesisir Kabupaten Pesawaran,” pungkasnya.

 

Pewarta : Deni W

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *