Melalui festival Bazar, SMPN 206 Jakarta implementasikan kurikulum merdeka

MITRAPOL.com, Jakarta – Mengimplementasikan kurikulum merdeka secara mandiri, siswa/siswi SMPN 206 Jakarta menggelar acara festival kewirausahaan dalam bentuk festival Bazar, Kamis (24/11/22).

Selain Bazar, kegiatan ini diisi juga dengan berbagai bentuk permainan rakyat tradisional dengan tujuan merangsang siswa untuk mempunyai kepribadian yang bertanggung jawab serta kerja sama.

Kegiatan ini bertujuan untuk melihat perkembangan dan kekompakan serta kreatifitas para siswa dalam mengolah berbagai menu makanan dan mengolah berbagai barang-barang bekas menjadi barang berguna.

 

Kegiatan bazar ini sendiri sekaligus untuk memperkenalkan produk dan hasil karya siswa serta memberikan kesempatan kepada para siswa untuk belajar mengasah jiwa wirausaha.

Kepala SMPN 206, H. Yusron M P.Md, kepada awak media mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan para siswa dengan menjual hasil kreatifitas siswa, ujarnya.

Lanjut Kepala Sekolah, sesuai dengan kurikulum merdeka, salah satu syarat agar Indonesia bisa menjadi negara maju adalah dengan meningkatkan jumlah para wirausaha, upaya ini dilakukan mulai dari jenjang pendidikan menengah

Langkah awal yang kami lakukan terbilang sederhana, yakni dengan memberikan tugas kepada para siswa/siswi SMPN 206 Jakarta selama Dua Minggu untuk bisa menciptakan kreasi dan kreatifitas serta ketrampilannya.

Para siswa diajak menjadi pribadi yang mandiri dimana kelak dikemudian hari setelah terjun ke masyaraka, mereka mampu berdiri sendiri, tidak tergantung kepada orang tua lagi dalam meraih masa depan yang pasti, pungkasnya.

Ditempat yang sama, Isaura dan Indira siswa kelas 7A mengatakan,”Dari kegiatan bazar ini, kami bisa belajar tentang kerja sama dan gotong royong, saya bersama teman-teman sangat antusias megikuti kegiatan bazar ini karena kami bisa mengenalkan dan memasarkan hasil kreatifitas kami,” bebernya.

Untuk diketahui, SMPN 206 Jakarta ini merupakan salah satu sekolah yang berprestasi, berbagai penghargaan sudah diraih baik dibidang olahraga atau ketrampilan-ketrampila lainnya, para siswa/siswinya banyak meraih berbagai prestasi di bidangnya masing-masing.

 

 

Pewarta : Desy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *