Pj Wali Kota Sabang: Kedatangan Kapal Pesiar Momentum Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

MITRAPOL.com, KOTA SABANG – Kapal Pesiar MV Azamara Quest yang membawa 600 wisatawan dari berbagai negara, singgah di Pelabuhan CT3 BPKS Sabang, Kamis 8 Desember 2022.

Kedatangan rombongan kapal pesiar itu disambut langsung oleh Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi bersama BPKS dan stakeholder terkait lainnya.

Pj Wali Kota Sabang mengaku sangat senang karena hari ini Sabang kembali dikunjungi wisatawan dengan kapal pesiar, setelah dua tahun lamanya tanpa kunjungan kapal pesiar karena pandemi covid-19.

“Ini momentum bagus untuk tingkatkan kunjungan wisatawan ke Sabang, sekaligus menunjukkan bahwa Sabang siap menyambut kembali kunjungan wisawatan baik dari sisi sarana dan prasarana, maupun berbagai atraksi serta destinasi objek wisata yang bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung,” ungkap Pj Wali Kota.

Reza Fahlevi mengatakan menyebut, ada beberapa paket wisata yang sudah disiapkan bagi wisatawan kapal pesiar MV Azamara selama berada di Kota Sabang, diantaranya paket wisata bahari di Iboih dan paket wisata kunjungan ke tempat-tempat bersejarah.

“Intinya keunikan, kearifan lokal, dan orisinalitas serta wisata yang menarik, yang mereka ingin lihat di tempat kita,” ujar mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh tersebut.

Sebenarnya, Pj Wali Kota Sabang berharap wisatawan bisa lebih lama dan betah di Sabang, sehingga membantu sektor ekonomi masyarakat Sabang, yang sudah lama tidak mendapat kunjungan wisatawan internasional.

Pj Wali Kota Sabang juga sangat bersyukur dengan keramah-tamahan warga Sabang, yang memberikan pelayanan yang baik kepada wisatawan yang berkunjung ke Sabang.

Menurutnya, hal itu juga menjadi modal bagi Kota Sabang dalam menyambut perubahan. Karena kedepan, kunjungan wisatawan akan lebih banyak lagi. “Mudah-mudahan bermanfaat dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” harap Ok Wali Kota Sabang.

Sementara itu, Kepala BPKS, Junaidi Ali, juga berharap kunjungan wisatawan melalui kapal pesiar, ke depan dengan mengutamakan pelayanan dan perbaikan serta evaluasi di beberapa hal, terkait atraksi juga destinasi wisata lainnya.

Kata Junaidi, Pemko Sabang bersama BPKS juga sudah mempersiapkan kedatangan kapal pesiar sejak beberapa bulan sebelumnya, mulai dari SOP yang lengkap, prosedurnya, standar keamanan, dan aturan-aturan yang juga sudah berstandar internasional.

“Itu sudah dipersiapkan dari awal, di tahun-tahun ke depan, akan kita persiapkan lebih detail dan lebih matang lagi dari segala sisi,” kata Kepala BPKS.

 

Pewarta : Hidayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *