Info TNI

Dari tidak mengerti apa itu Tentara hingga jadi Kadispenad, Inilah sosok Brigjend TNI Hamim Tohari

Admin
×

Dari tidak mengerti apa itu Tentara hingga jadi Kadispenad, Inilah sosok Brigjend TNI Hamim Tohari

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Jakarta – Brigadir Jenderal TNI Hamim Tohari, M.A. adalah seorang perwira tinggi TNI-AD yang sejak 29 Juli 2022 mengemban amanat sebagai Kepala Dinas Penerangan (Kadispenad), Tim Media mencoba melakukan wawancara khusus untuk pengenalan lebih jauh dari seorang Brigjend Hamim Tohari yang belum di ketahui Publik, wawancara berlangsung di ruangan Kadispenad Mabes AD Jakarta. Jumat (9/12/2022).

Hamim merupakan abiturien Akademi Militer (Akmil) angkatan 1994 dari kecabangan Artileri Pertahanan Udara (Arhanud).

Pria kelahiran Trenggalek, Jawa Timur, 22 Juli 1971, mencoba menceritakan awal mula dirinya masuk menjadi tentara. Ia menceritakan bahwa pada saat itu sekelompok teman-temannya ingin ikut daftar menjadi Tentara Nasional Indonesia pada saat itu namanya AKMIL mendengar hal tersebut ia ingin ikut, padahal sebenarnya dirinya tidak tau menau mengenai tentara itu apa,
Orang Tuanya juga gak setuju, mungkin pada saat itu pengetahuan untuk menjadi seorang tentara tugasnya Berperang aja!.

“Mereka, Orang tua lebih menyarankan saya untuk kuliah,”.ungkap Brigjend Hamim.

Karena dikeluarga besarnya tidak ada satupun pendahulu yang bertugas sebagai Tentara dan alhamdulilah diakhir penutupan pendaftaran orang tua memberi ijin, dan langsung bergerak. Walaupun hanya sekedar ikut-ikutan, seorang Hamim tetap bersemangat menurutnya ini sesuatu yang baru juga sebuah tantangan. Dan dengan bantuan teman-temannya ia bisa mendaftar, dirinya pun tidak mengerti sama sekali apa itu pangkat, tugas jadi seorang tentara, walaupun yang pada akhirnya tidak Lolos pertama itu di tahun 1989.

Di tahun yang sama karena saya gagal ada Brousur penerimaan mahasiswa dan saya mencoba mendaftar untuk mengikuti seleksi dan saya lolos yang akhirnya saya menjadi mahasiswa di Kampus Brawijaya. Lanjut tahun 1990 dan tidak berpikir untuk menjadi Tentara saya peluang lagi ada program penerimaan Beasiswa di luar negeri dari BUMN, BNPT, saya coba peluang itu dan gagal lagi, kembali lagi saya di bangku kuliah memilih Jurusan Fisiska. Berjalannya waktu benak saya berpikir nantinya saya ini mau jadi apa!. Dan akhirnya munculnya keengganan malas-malasan kuliah yang pada akhirnya memutuskan tidak melanjutkan kuliah.

Lanjut Brigjend TNI Hamim Tohari, di tahun 1991 segala macam pelamaran telah ia coba pada saat itu koranlah yang menjadi terdepan dalam memberi informasi salah satunya penerimaan AKMIL, dan tentunya karna saya sudah tidak kuliah lagi dan kelemahan saya di tahun 89 menjadikan saya lebih Mateng fokus untuk mengikuti seleksi-seleksi tahapan demi tahapan hingga pada tahun 1994 saya sah sebagai AKMIL dan sampai sekarang, rasanya mengalir saja seperti aliran sungai tidak ada yang spesial tapi setiap tantangan menambah saya untuk Bersemangat.

Harapan saya kedepan apapun amanat yang di berikan kepada saya termasuk posisi saya sekarang ini sebagai KADISPENAD bisa saya jalankan dengan baik sesuai Instruksi dari Bapak KASAD. Tutup Brigjend TNI Hamim Tohari.

Brigjen TNI Hamim Tohari M.A., ini pernah mengemban berbagai posisi strategis.

Diantaranya Komandan Batalyon Arhanud I, Dandim 0505/Jakarta Timur pada 2012-2013, dan Asisten Intelijen Kodam XIV/Hasanuddin pada 2020-2021.

Kemudian, Kepala Staf Korem (Kasrem) 174/Anim Ti Waninggap (Merauke) yang berada di bawah Kodam XVII/Cendrawasih pada 2021-2022 hingga Sekretaris Dispenad pada 2022.

Untuk diketahui juga ada Gebrakan baru di MABES AD akan di Launching Ruang Podcast khusus, yang langsung Pandu Oleh Letkol Deddy Corbuzier di tanggal 15 Desember 2021 akan di Buka oleh KASAD Dudung Abdul Rahman.

Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad) adalah Badan Pelaksana Pusat ditingkat Mabesad yang berkedudukan langsung di bawah Kasad, bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi Penerangan TNI Angkatan Darat dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat.

 

 

Pewarta: Yape

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *