Nusantara

Memprihatinkan, Taman Makam Pahlawan Darma Nusantara Sukadana Lamtim tak terawat dan terabaikan

Admin
×

Memprihatinkan, Taman Makam Pahlawan Darma Nusantara Sukadana Lamtim tak terawat dan terabaikan

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Lampung Timur – Makam Pahlawan Darma Nusantara Sukadana Lampung Timur, adalah salah satu aset milik daerah yang wajib dijaga dan dirawat oleh pemerintah setempat. Namun, faktanya tidak kondisi saat ini sangatlah memprihatinkan.

Pantauan media ini di lokasi, terlihat tembok pagar belakang roboh, cat tembok sudah kusam terkelupas berlumut, bahkan, ada salah satu bangunan yang ada dilokasi mulai rusak. Hal ini patut menjadi perhatian serius bagi pihak Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, untuk segera mengatasinya.

Menurut warga sekitar, menjelaskan jika sejak wabah pandemi Covid -19 melanda beberapa tahun lalu. Lokasi Makam Pahlawan Darma Nusantara Sukadana belum pernah ada perbaikan dan renovasi oleh pemerintah.

“Pokoknya sejak masa pandemi Covid, belum pernah ada perbaikan dan renovasi apa-apa dari pemerintah. Bahkan, tembok pagar belakang itu roboh ada sepanjang 10 meter dan masih belum di perbaiki,” ungkap warga yang tidak ingin namanya terpublikasi kepada awak media, Selasa (31/1/2023).

Namun, tentu ini sangatlah tidak wajar jika ada sebuah aset daerah yang sangat vital dan tidak ada anggaran perawatan dan pemeliharaan. Jika melihat dari data anggaran nasional secara online dan dapat dipertanggung jawabkan. Bahwa, pada tahun 2022 ada anggaran hingga ratusan yang telah dialokasikan guna pemeliharaan dan perawatan untuk Makan Darma Nusantara Sukadana Lampung Timur. Lalu, kemanakah anggaran tersebut direalisasikan oleh pihak dinas setempat. Dalam hal ini Dinas Sosial Kabupaten Lampung Timur, sebagai pengelola makam tersebut.

Atas persoalan itu, kemudian media ini melakukan penelusuran di Dinas Sosial Pemkab Lampung Timur. Mengingat, OPD tersebut yang bertanggung jawab didalam pemeliharaan dan perawatan Makam Pahlawan Darma Nusantara Sukadana Lampung Timur.

Saat ditemui, Hendro selaku Pejabat Sekertaris Dinas Sosial Kabupaten Lampung Timur, menjelaskan, bahwa anggaran hingga ratusan juta tersebut memang benar adanya.

“Saya masih baru disini pak. Ya, memang benar ada anggaran itu. Tapi tahun ini akan kita laksanakan pemeliharaan dan perawatan Makam Pahlawan,” ungkap Hendro.

Dirinya mengatakan, bahwa pihak Dinas Sosial Kabupaten Lampung Timur, telah kembali mengganggarkan bagi perawatan dan pemeliharaan Makam Pahlawan ditahun 2023.

“Tahun ini akan dilakukan perawatan Makam Pahlawan,” katanya.

Kedepan, tim media ini akan menjabarkan tentang jumlah nilai anggaran bagi perawatan dan pemeliharaan Makam Pahlawan Darma Nusantara yang telah dialokasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Lampung Timur. Mulai anggaran sejak tahun 2020 hingga di tahun 2022. Sehingga, dapat jelas bahwa memang anggaran itu ada dan telah di anggarkan pada setiap tahunnya oleh Dinas Sosial Kabupaten Lampung Timur.

 

 

Pewarta : MM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *