PUPR

Tinjau Layanan Mudik Bersama Gubernur Jateng, Menteri Basuki: Berikan Layanan yang baik

Admin
193
×

Tinjau Layanan Mudik Bersama Gubernur Jateng, Menteri Basuki: Berikan Layanan yang baik

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Batang – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau kesiapan layanan mudik Lebaran di rest area ruas tol Batang-Semarang pada Selasa (18/4/2023).

Dalam tinjauan tersebut Menteri Basuki bersama Gubernur Ganjar juga menyapa para pemudik yang tengah istirahat di Rest Area Travoy KM 379A dan Rest Area Travoy KM 389B pada ruas Batang – Semarang.

Selain menyapa para pemudik dan berbagi takjil kepada para pemudik, Menteri Basuki bersama Gubernur Ganjar dan Direktur Utama PT Jasa Marga Subakti Syukur juga meresmikan kampung UMKM di rest area travoy KM 379A tersebut serta memberikan santunan bagi anak yatim.

Menteri Basuki mengatakan ada tiga hal yang menentukan kelancaran dan menjadikan mudik ini aman dan berkesan. Pertama, layanan sarana dan prasarana harus baik, terutama kebersihan dan ketersediaan air. Kedua, regulasi yang baik, seperti pengaturan masa cuti bersama, contraflow dan one way yang diberlakukan mulai Selasa, 18 April 2023 pukul 14.30 WIB.

“Ketiga, perilaku pengguna jalan. Kami semua harus bekerja sama dengan baik dalam memberikan layanan mudik Lebaran. Kementerian PUPR menyiapkan prasarana dan sarana, Kepolisian dan Kementerian Perhubungan menyiapkan regulasinya, serta para pengguna juga harus berperilaku baik. Jangan sampai pada saat pemberlakuan one way, masih ada yang rebutan untuk masuk jalan tol,” kata Menteri Basuki.

Untuk itu, Menteri Basuki mengajak para pemudik untuk tertib dan disiplin terhadap aturan yang berlaku, serta mengikuti petunjuk petugas di lapangan, sehingga perjalanan mudik bisa menjadi lebih aman dan berkesan. “Mudik ini adalah the most happiness. Sebab, tidak ada kebahagian yang melebihi orang yang bisa mudik. Untuk itu pelayanan yang diberikan harus baik,” tambah Menteri Basuki.

Menteri Basuki mengatakan sebagai bentuk layanan mudik Lebaran tahun 2023, saat ini terdapat 127 rest area di 70 ruas tol operasional di Indonesia. Dengan keberadaan UMKM, rest area tersebut diharapkan dapat turut menggerakkan ekonomi lokal.

“Layanan lain yang kita berikan adalah penambahan toilet yang sebelumnya hanya berjumlah 6.000 toilet, kini menjadi 9.000 toilet,” kata Menteri Basuki.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan pengamatannya hari ini atas layanan arus mudik Lebaran tahun 2023 ini. “Terkait kesiapan infrastruktur, alhamdulillah beberapa ruas tol juga sudah fungsional. Saya amati hari ini dengan one-way masih relatif lancar. Terima kasih kepada Pak Menteri Basuki dan jajaran Kementerian PUPR,” kata Ganjar.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Triono Junoasmono, Kepala BBPJN Jateng – DIY Wida Nurfaida, dan Kepala BBWS Pemali Juana Adek Rizaldi. (Red/Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *