Nusantara

TNWK Lamtim masih tutup, Anggaran Perjalanan Dinas Kantor mencapai 1,5 miliar di tahun 2023

Admin
×

TNWK Lamtim masih tutup, Anggaran Perjalanan Dinas Kantor mencapai 1,5 miliar di tahun 2023

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Lampung Timur – Pasca pandemi Covid-19, hingga saat ini Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Kabupaten Lampung Timur belum juga di buka untuk umum, padahal pemerintah pusat sudah mengumumkan bahwa PPKM sudah selesai dan seluruh fasilitas umum lainnya bisa di buka bagi masyarakat.

Belum diketahui secara pasti penyebab dari persoalan tersebut, apakah memang adanya keterbatasan dari anggaran-anggaran. Sehingga Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur hingga saat ini masih tutup, namun, jika dilihat, kucuran anggaran pemerintah pusat dan usulan dari Kantor Balai TNWK bahwa anggaran mencapai miliaran.

Pada tahun 2023, tercatat anggaran swakelola Kantor Balai Taman Nasional Way Kambas Lampung Timur, seluruhnya berjumlah 11,2 miliar. Bahkan, ada dua point item anggaran yang cukup fantastis yakni, anggaran operasional dan pemeliharaan kantor senilai 4,7 miliar.

Terkait persoalan itu, media ini melakukan konfirmasi kepada pihak Kantor Balai TNWK di Labuhan Ratu, Lampung Timur, Kamis ( 4/5/2023).

Saat ditemui, Sukatmoko selaku Humas TNWK Lampung Timur, mengatakan tidak mengetahui secara jelas tentang anggaran tersebut.

“Kepala Balai Pak Kusmandono menjabat dari tahun 2021. Sebetulnya kalau masalah itu, tidak harus pak Kepala, itu pemegang anggaran PPK,” ungkap Sukatmoko kepada media Mitrapol.com.

Sukatmoko, Humas TNWK Lampung Timur saat ditemui Mitrapol.com, Kamis (4/5/23).

Pada kesempatan itu, Sukatmoko mewakili Kepala Kantor Balai TNWK Lampung Timur, dikarenakan sedang rapat.

“Beliau sedang mimpin rapat, jadi tidak tau sampai kapan selesai,” kata Sukatmoko.

Point lainnya, yang patut dipertanyakan kepada pihak Kantor Balai TNWK Lampung Timur, yaitu anggaran biaya perjalanan dinas biasa dan perjalanan dinas dalam kota berjumlah 1,5 miliar.

Pada kesempatan itu, Sukatmoko menjelaskan jika anggaran – anggaran mencapai miliar tersebut bukanlah pada dibidangnya. Dirinya berjanji, akan menyampaikan kepada PPK selaku bidang pemegang anggaran.

“Saya bukan dibidang anggaran, nanti pak Hermawan sebagai PPK yang akan menjelaskan,” tutup Sukatmoko.

Perlu diketahui, ada beberapa point anggaran Kantor Balai Taman Nasional Way Kambas Lampung Timur, yang patut dipertanyakan dari keseluruhan berjumlah, sebagai berikut :

  1. Biaya perjalanan dinas biasa/perjalanan dinas dalam kota (hingga miliaran)
  2. Biaya operasional dan pemeliharaan kantor dll (hingga miliaran)

Diharapkan, kedepan pihak Kantor Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur, dapat memberikan komentar dan jawaban kepada media ini terkait penggunaan anggaran tersebut.

 

Pewarta : MM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *