Info TNI

Mayjen TNI (Purn) Karev Bakti Nusa Marpaung dedikasikan diri untuk Sumatra Utara

Admin
1023
×

Mayjen TNI (Purn) Karev Bakti Nusa Marpaung dedikasikan diri untuk Sumatra Utara

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Jakarta – Salahsatu putra terbaik nasional asal Sumatera Utara, Mayjen TNI (Purn) Karev Bakti Nusa Marpaung, S.Sos, M.M., kini mantapkan diri terjun ke dunia politik dan bergabung ke Perindo (Partai Persatuan Indonesia), partai politik besutan Hary Tanoesoedibjo (HT).

Hal tersebut diumumkan langsung oleh HT melalui akun instagram pribadinya pada tanggal 20 April 2023 lalu dengan deskripsi “Selamat bergabung Bapak Mayjen TNI (Purn) Karev Bakti Nusa Marpaung di Partai Perindo. Pak Karev akan maju Pileg DPR RI Dapil Sumatera Utara.

Kesempatan terpisah, Karev Marpaung saat dihubungi awak media membenarkan informasi tersebut.

“Iya, saya bergabung ke Perindo dan akan maju di Pileg (Pemilihan Legislatif) DPR RI dari dapil (daerah pemilihan) Sumatera Utara I, mohon doa restu,” terangnya, Jumat (5/5/2023). Dapil Sumatera Utara I meliputi dua kota dan dua kabupaten di Sumatera Utara, yakni Kota Medan, Tebing Tinggi, Deli Serdang dan Serdang Bedagai.

Karev Marpaung sendiri merupakan purnawirawan TNI AD yang telah menyelesaikan tugas negaranya sebagai patriot bangsa di penghujung tahun 2022. Jabatan terakhir yang diembannya adalah Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Pertahanan Udara (Danpussenarhanud) Kodiklat TNI AD.

Seturut pemberitaan selama ini, semasa menjabat sebagai Danpussenarhanud, Karev Marpaung selain fokus pada tugas-tugas pokok kemiliteran, juga banyak membantu pemerintah daerah dan masyarakat sekitar terutama dalam membangun budaya sehat pasca pandemi, memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat dengan membuka fasilitas dan sarana olahraga di kawasan Mako Pussenarhanud untuk bisa digunakan oleh masyarakat umum.

Diantaranya lapangan bola voli, lapangan tenis, lapangan tembak pistol, lapangan sepakbola, lapangan bulutangkis, lapangan basket, lapangan futsal, kalistenik dan fitness center. Bekerjasama dengan Pemerintah Kota Cimahi, fasilitas dan sarana olahraga tersebut kemudian diresmikan oleh Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman dengan nama Pussenarhanud Sport Center Cimahi.

Tidak hanya itu, Karev Marpaung yang dikenal humble dan dekat dengan masyarakat, juga kerap menggelar sejumlah kejuaraan olahraga yang diikuti oleh atlet mulai dari usia dini hingga profesional untuk memperebutkan Danpussenarhanud Cup, termasuk diantaranya bekerjasama dengan Askot PSSI untuk piala Soeratin, kejuaraan bulutangkis, serta fun bike dan track race.

Dikutip dari laman wikipedia.org, purnawirawan jenderal bintang dua TNI penyandang sabuk hitam dan II Karate ini merupakan lulusan Akmil 1987, satu lichting bersama Panglima TNI ke-21, Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa.

Riwayat Pendidikan Mayjen TNI (Purn) Karev Bakti Nusa Marpaung
SMA Negeri 3 Jakarta, Jurusan IPA (1983)
AKABRI Bagian Darat (sekarang Akmil), (1987)
S-1 Fakultas Sosial Politik, Universitas Surabaya (S.Sos.)
S-2 Manajemen SDM, Universitas Krisnadwipayana (M.M.)
S-3 Administrasi Bisnis, Universitas Sriwijaya, Karir Militer

Mayjen TNI (Purn) Karev Marpaung mengawali Karir sebagai Dantonmer di Batalyon Arhanudri 3/Kodam III Siliwangi dan melanjutkan karir Pama Sebagai Padalpur dan Pasiops Denarhanud Rudal 004/Kodam I Bukit Barisan sampai dengan tahun 1996.

Tahun 2002 menjabat sebagai Komandan Batalyon Arhanudse 10 Kodam Jaya. Tahun 2005 Sebagai Dandim 0803/Madiun. Selanjutnya tahun 2011 Sebagai Kabintaldam XVI/Cendrawasih.

Tahun 2012 menjabat sebagai Kasrem 174 Dam XVI/Cendrawasih. Kemudian di tahun 2017 menjabat sebagai Irdam XVI/Patimura. Selanjutnya dari tahun 2019 menjabat sebagai Bandep Urusan Desisnas Setjen Wantannas. Di satuan ini selama kurang lebih 3 tahun, Mayjen TNI Karev Marpaung semakin mematangkan diri guna mendukung karier selanjutnya.

Mulai tanggal 21 Januari 2022 Mayjen TNI Karev Marpaung dipercaya sebagai Komandan Pusat Kesenjataan Arhanud Kodiklat Angkatan Darat.

Riwayat Jabatan
– Dantonmer Yonarhanudri 3/Yudha Bhuana Yakca (1987)
– Pama Sebagai Padalpur Denarhanud Rudal 004/Kodam I Bukit Barisan
– Pasiops Denarhanud Rudal 004/Kodam I Bukit Barisan (1996)
– Danyonarhanudse 10/Agni Bhuana Cakti (2002—2005)
– Dandim 0803/Madiun (2005)
– Kabintaldam XVI/Cendrawasih (2011—2012)
– Kasrem 174 Dam XVI/Cendrawasih (2012)
– Pahli Bid. Ilpengtek dan LH Kasdam XVI/Pattimura (2015)
– Irdam XVI/Patimura (2017—2019)
– Bandep Urusan Lingkungan Alam pada Deputi Bidang Sistem Nasional Setjen Wantannas (2019—2021)
– Bandep Urusan Lingkungan Pemerintahan Negara pada Deputi Bidang Sistem Nasional Setjen Wantannas (2021)
– Staf Ahli Bidang Sosial Budaya Setjen Wantannas (2021—2022)
– Danpussenarhanud (2022)
– Pati Mabes TNI AD (Dalam Rangka Pensiun), (2022).

 

Pewarta : Yape/Hms

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *