Nusantara

Silaturahmi dan meneppuh Babah Pembangunan PLTA Kombih III Berjalan Lancar

Admin
423
×

Silaturahmi dan meneppuh Babah Pembangunan PLTA Kombih III Berjalan Lancar

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Pakpak Bharat, Sumut – Silaturahmi dan “Meneppuh Babah” serta Pesakatken Napuran Persentabien kepada Pemangku Ulayat dan Sulang Silima Marga Berutu Lrbbuh Lae Baning, Marga Berutu Lebbuh Pegga, serta Sulang Dilima Marga Angkat, dilaksanakan di Kantor Camat Sitellu Talu Urang Jehe.

Meneppuh Babah ini sekaligus memberangkatkan Satgas A dan B dalam mengawali pengukuran tanah Pembangunan PLTA Kombih III di wilayah Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe.

Meneppuh Babah adalah salah satu Kerja Adat dalam Budaya Pakpak dalam mengawali sebuah pekerjaan dan atau acara adat. Upacara seperti ini biasa diisi dengan makan Pelleng bersama, serta berdoa memohon keselamatan kepada Sang Pencipta, agar semua pekerjaan berjalan lancar serta jauh dari segala marabahaya.

Dalam hal ini pihak PT.PLN Persero Tbk menyerahkan gatap persentabien kepada seluruh pemangku ulayat di wilayah tanah yang menjadi areal pembangunan PLTA Kombih III nantinya. Upacara adat ini dimaknai bahwa pihak PT. PLN Persero Tbk terlebih dahulu memhon ijin kepada seluruh pemangku ulayat guna pembangunan ini.

“Sebuah proyek strategis Nasional yang didedikasikanuntuk wilayah Pakpak Bharat, kita berharap kedepan Kabupaten Pakpak Bharat kian maju sama seperti Daerah lain,” ungkap Kepala Kejaksaan Negeri Dairi, Okto Rikardo, SH yang turut menghadiri acara ini.

Sementara itu Sekretaris Daerah Pakpak Bharat, Jalan Berutu, S.pd, MM atas nama Bupati Pakpak Bharat menyampaikan pesan agar seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat bersatu padu dalam mendukung pembangunan PLTA ini.

“Kita berharap pembangunan ini nantinya bisa berjalan dengan lancar, aman dan tepat waktu. Harus sepakat seiring sejalan kita semua, ini demi kemajuan Kabupaten Pakpak Bharat yang kita cintai ini,” ungkap Jalan Berutu.

Pewarta : Lamhot P Malau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *