Advertorial

Wujudkan Zero Stunting di Tangsel, Pilar: Lakukan Upaya Kolaboratif dan Kerja Keras

Admin
1386
×

Wujudkan Zero Stunting di Tangsel, Pilar: Lakukan Upaya Kolaboratif dan Kerja Keras

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Ciputat Timur – Setelah berhasil menurunkan angka stunting dari 19,9 persen menjadi 9 persen. Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus melakukan berbagai upaya yang kolaboratif dan kerja keras dalam menekan angka hingga zero stunting.

Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan, saat menghadiri kunjungan kerja Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Banten, sekaligus memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-51 bersama, yang bertempat di Kecamatan Ciputat Timur, Jumat (16/6/2023).

Menurut Pilar, semuanya harus tetap berjuang untuk mewujudkan Kota Tangsel dengan angka stunting hingga zero stunting. Agar nantinya seluruh anak di Provinsi Banten dapat bertumbuh kembang dengan baik.

“Kalo masalah ini ga dihadapi, akan berdampak buruk pada kemampuan cara berpikir anak. Kita berjuang menekan angka stunting hingga zero,” tuturnya.

Tak hanya itu, sebagai tim penggerak, juga harus bisa tetap memperhatikan lingkungan di sekitar dalam penanganan stunting.

“Dalam menangani stunting ini gak cuma liat ibu hamil dan anak-anak, tapi liat juga sanitasi lingkungan yang buruk,” kata Pilar.

Pemerintah Kota Tangsel sedang mendorong bagaimana menciptakan lingkungan dan sanitasi yang layak. Singkatnya, program ini sebagai salah satu upaya penanganan stunting di Kota Tangsel.

“Kita ada program Kampung Membangun. Program ini dapat mengajarkan kita membuat sanitasi yang baik dan lingkungan yang baik,” ucap Pilar.

Selain itu, salah satu upaya Pemerintah Kota Tangsel dalam menangani stunting ini dengan membuat ruang publik sebagai tempat berolahraga.

“Kemarin udah buat alun-alun pamulang. Tahun ini lagi bangun taman kota di Pondok Aren dan Serpong Utara buat olahraga masyarakat dan ibu hamil,” ungkap Pilar.

Harapannya, Pemerintah Kota Tangsel bersama sinergitas dengan TP PKK Provinsi Banten ini mampu berjuang dan menjadi tim penggerak yang kompak. Dengan berbagai upaya yang dilakukan, harapannya juga bisa menciptakan generasi yang unggul.

“Ibu sebagai tim penggerak harus kompak, kalo punya program bisa kita gerakan. dan semoga bisa menciptakan generasi anak di masa depan yang cerdas,” tuntas Pilar.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Banten, Ibu Tine Al Muktabar, mengatakan, bahwa dengan adanya program dari Pemerintah Kota Tangsel ini bisa menjadi inovasi dalam upaya menangani stunting.

“Mudah-mudahan program ini bisa mempercepat penurunan stunting di Tangsel hingga zero stunting,” ungkapnya.

Bukan hanya itu saja, dirinya menyebutkan bahwa penanganan stunting ini menjadi prioritas bersama dalam menciptakan SDM unggul untuk masa depan.

“Kita persembahkan kinerja kita untuk anak-anak di masa depan. dan tetap berkontribusi dalam percepatan menangani stunting ini,” ucapnya.

Adapun salah satu penyebab stunting ini adalah pola asuh anak. Menurut Tine, tim penggerak perlu mengedukasi orang tua soal pola asuh sebagai faktor masalah stunting.

“Penanganan stunting tidak hanya pada pemberian nutrisi, tetapi juga memberikan pola asuh baik dan menciptakan kelayakan lingkungan,” tutupnya.

Senada dengannya, PLT Ketua TP PKK Kota Tangerang Selatan Truetami Ajeng Pilar Saga Ichsan mengatakan stunting merupakan persoalan serius yang harus dihadapi bersama.

Deteksi dini harus dilakukan di tingkat Posyandu yakni dengan memantau kenaikan berat badan secara berkala.

“Lalu kita lakukan pelaksanaan kelas ibu hamil, kelas balita, ngider sehat, bidan ngider hingga pendampingan keluarga risiko stunting,” terangnya.

Tak hanya itu, kita juga melibatkan remaja dalam gerakan Doremifasolasido (Duta Remaja Anti Anemia Fahami Sobat Langkah Awal Sehat Dari Diri Sendiri), pemberian tablet penambah darah.

“Pembentuk pos gizi di 54 Kelurahan, kita punya dapur sehat atasi stunting, menghadirkan dokter spesialis kebidanan dan kandungan ke beberapa Puskesmas. Dan berbagai inovasi lainnya yang sudah kita laksanakan,” pungkasnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *