Nusantara

Bupati Toba Bersama Kasdam I / BB Melepas Gerak Jalan Peleton Beranting Hari Juang Infanteri ke-75

Admin
320
×

Bupati Toba Bersama Kasdam I / BB Melepas Gerak Jalan Peleton Beranting Hari Juang Infanteri ke-75

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Toba – Dalam rangka menyambut Hari Juang Infanteri ke-75 di Wilayah Kodam I/Bukit Barisan, Prajurit Korps Infanteri menggelar Gerak Jalan membawa Simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya oleh Peleton Beranting.

Upacara Penyerahan Simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya dalam rangka Gerak Jalan Peleton Beranting Hari Juang Infanteri ke-75 dimulai dari Lapangan Kantor Bupati Toba, Balige, pada Sabtu (16/12/2023) pagi yang dipimpin langsung oleh Kasdam I/Bukit Barisan, Brigjend TNI Refrizal.

Pada upacara tersebut, inspektur upacara, Brigjend TNI Refrizal membacakan amanat Pangdam I/Bukit, Meyjend TNI Mochammad Hasan.

Dalam amanat tersebut, Pangdam I/Bukit Barisan menyampaikan bahwa Peleton pembawa Simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya ini adalah tradisi korp yang dilaksanakan setiap tahun menjelang peringatan hari infanteri.

“Bertujuan untuk mewujudkan jiwa korsa dan rasa bangga terhadap Korps Infanteri, sehingga meningkatkan disiplin dan profesionalisme Korps Infanteri. Di samping itu juga untuk menanamkan nilai-nilai kejuangan, semangat pantang menyerah serta terciptanya Kemanunggalan TNI dengan rakyat khususnya di wilayah Kodam I/Bukit Barisan,” sebutnya.

Adapun sasaran yang ingin dicapai dalam Peleton Pembawa Simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya, yaitu terwujudnya rasa kebanggaan terhadap tradisi Korps Infanteri bagi setiap prajurit infanteri, terukurnya tingkat kesegaran jasmani prajurit Infanteri, terciptanya militansi, jiwa korsa, patriotisme dan nilai-nilai kejuangan bangsa serta semangat pantang menyerah, terciptanya kemanunggalan TNI bersama rakyat beserta komponen bangsa lainnya sebagai sarana komunikasi sosial.

Peleton Pembawa Simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya akan berjalan kaki dengan menempuh jarak 200 Kilometer yang terbagi dalam 10 etafe. Dimana setiap etafe berjarak 20 Kilometer yang diikuti 10 peleton Infanteri serta 10 peleton pengantar satuan TNI maupun non TNI secara bergantian setiap etafe.

“Berkenaan dengan hal tersebut, saya harap kepada setiap prajurit yang terlibat dalam Pembawa Simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya agar mengerti dan menghayati apa yang terkandung di dalam semangat dan nilai kejuangan prajurit Infanteri secara jernih, sehingga dapat dijadikan sebagai bekal dalam menghadapi tantangan dan tugas dimasa mendatang,” pesan Pangdam I/Bukit Barisan yang dibacakan oleh Kasdam I/Bukit Barisan, Brigjend TNI Refrizal.

Seusai upacara, Kasdam I/Bukit Barisan, Brigjend TNI Refrizal bersama Bupati Toba, Poltak Sitorus melepas start Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya.

Perjalanan Peleton Pembawa Simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya akan sampai di Medan pada tanggal 19 Desember, tepat di Hari Infanteri.

Pada upacara itu turut hadir Danrem Kawal Samudera, Danrem Pantai Timur, para Dandim, Kapolres Toba, Sekdakab Toba, dan sejumlah pimpinan OPD, Kapolsek, Danramil. Sementera para peserta upacara terdiri dari TNI, Polri, Satpol-PP, Anggota Pramuka dan Ormas.

 

Pewarta : Abdi.S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *