Nusantara

Sulit ditemui, Kades Binong Maja terkesan alergi dengan wartawan dan LSM

Admin
348
×

Sulit ditemui, Kades Binong Maja terkesan alergi dengan wartawan dan LSM

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Lebak Banten – Kepala Desa adalah seorang pimpinan tertinggi di Desa yang bertugas menjalankan roda pemerintahan di tingkat desa bersama-sama dengan rakyatnya dalam membangun dan menciptakan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur serta ikut mendukung program pemerintah pusat yang telah direncanakan.

Guna mencapai keberhasilan tersebut, tentunya seorang Kepala Desa dituntut untuk selalu hadir di kantor agar senantiasa siap sedia apabila dibutuhkan peran dan fungsinya, termasuk dalam hal melayani warga yang membutuhkan pelayanan darinya, hal tersebut sejalan dengan peraturan yang menekankan bahwa kepala desa bertanggung jawab kepada masyarakat melalui BPD.

Namun, berbeda hal nya dengan yang dialami warga Kepala Desa Binong Kecamatan Maja Kabupaten Lebak Banten. Menurut pengakuan warga setempat, Kepala Desa Binong bernama Pudin sangat sulit ditemui dan jarang terlihat di kantornya, sehingga banyak warga yang kecewa karena tidak mendapat pelayanan yang baik dan jadi terhambat urusannya.

Selain sulit untuk ditemui warganya, Kades Binong seperti merasa alergi terhadap wartawan dan LSM yang datang untuk mengkonfirmasi informasi di lapangan. Awak media dan LSM adalah mitra kerja pemerintahan sebagai penyampai informasi perkembangan pembangunan serta sebagai alat sosial kontrol yang bersifat Independen dalam membangun terciptanya stabilitas dalam informasi.

Seperti yang terjadi pada Rabu, (20/12/23) saat awak media dan LSM Cobra Banten, Dayat Bili, berkunjung ke Kantor Desa, namun sang Kepala Desa tidak ada di kantor, dan menurut informasi di rumahnya pun tidak pernah ada, dan terkesan tidak mau ditemui.

“Ia pak, saya juga selaku Sekdes susah ketemu Pak Kades, masalah kemarin itu soal berita yang sebelum tayang udah saya kasih tau ke Pak Kades, eh malah tidak aktip aktip whastapnya, sampai saya samperin ke rumahnya tidak ada juga,” ujar Pak Sekdes.

“Jangan kan bapak-bapak yang ingin bertemu, saya sendiri kadang susah bertemu dengan Kades, saya pun kalau ada kepentingan, kadang suka kebingungan, kenapa saya kebingungan karena sulit untuk di temui, kontak wahstapnya juga jarang aktif pak,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Dayat dari LSM Cobra Banten mengatakan,”Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional, hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik,” ujarnya.

Keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan Badan Publik lainnya dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik bahwa pengelolaan informasi publik merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan masyarakat informasi.

“Mohon kepada Dinas terkait untuk segera menegur Kades Binong yang alergi terhadap wartawan, Kepala Desa Binong sampai saat ini belum bisa ditemui,” pungkasnya.

 

Pewarta : Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *