Nusantara

Bawaslu Sumut Buka Ruang Audiensi Kepada Prodewa

Admin
16
×

Bawaslu Sumut Buka Ruang Audiensi Kepada Prodewa

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Medan Sumut – Ketua Bawaslu Sumut Aswin Diapari Lubis pada Jumat lalu menerima kehadiran Pemantau Pemilu Progresive Democracy Watch (Prodewa) Sumut Periode 2023-2025 yang langsung dihadiri oleh Direktur dan sekretarisnya yaitu Fahrul Rozi Panjaitan dan Abdul Halim Wijaya Siregar di Kantor Bawaslu Sumut pada Jumat, (12/01/2024).

Dalam kesempatan tersebut Prodewa menyampaikan bahwa sebagai pemantau pemilu nasional yang sudah dibentuk dari tahun 2018, Prodewa ingin berperan aktif mengambil peran dalam pemilu 2024 dengan berkoordinasi dengan para stakeholder di daerah seperti Bawaslu dan KPU dalam memantau pemilu agar berjalan jujur dan mempunyai nilai-nilai demokrasi. Salah satu kegiatan tersebut adalah bahwa dalam waktu dekat akan diadakan diskusi oleh Prodewa dan berharap Bawaslu dapat menjadi salah satu narasumber sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat pada Pemilu 2024. Para alumni USU ini berharap kedepannya Bawaslu dan Prodewa dapat bekerjasama dalam hal kepemiluan karena program kerja nasional Prodewa bergerak pada kepemiluan, pilkada, kebijakan publik dan penegakkan hukum.

Merespon hal tersebut, Aswin mengapresiasi maksud dan tujuan yang disampaikan,

“Tentunya Bawaslu Sumut terbuka bagi para pemantau Pemilu untuk melakukan kerjasama, dengan catatan semua administrasi sudah teregistrasi secara hukum di Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi Sumut akan menyampaikan ke Bawaslu Kabupaten/Kota bahwa Prodewa bagian dari pemantau pemilu di Sumut,” tuturnya.

Kemudian Aswin juga menyampaikan akan siap bekerjasama dengan Prodewa.

“Bawaslu Sumut siap bekerjasama dengan Prodewa, terlebih dalam bentuk diskusi publik. Hal ini dapat menjadi sarana sosialisasi kepada masyarakat terkait Pemilu agar berjalan lancar jujur adil dan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tambahnya lagi.

Di akhir paparan, Ketua Bawaslu Sumut menyampaikan arti penting pemantau pemilu yakni sebagai kelompok masyarakat yang berperan agar pemilih dapat menggunakan hak pilih sesuai dengan aturan yang berlandaskan pelaksanaan pemilu yang jujur dan adil sebagai wujud demokrasi rakyat. Sehingga diharapkan nantinya Prodewa dapat menjalankannya sesuai ketentuan yang berlaku.

 

Pewarta : Baktiman Berutu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *