Nusantara

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Kota Metro ajak media sinergi tangkal berita Hoaks

Admin
543
×

Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Kota Metro ajak media sinergi tangkal berita Hoaks

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, – Metro Lampung
Wartawan dari berbagai media baik cetak, Elektronik dan online di Kota Metro mendapatkan pemaparan dari  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Metro dalam menghadapi Pemilu 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di hotel Grand Skuntum, Jumat (02/2/2024).

Turut hadir Ketua Bawaslu Metro, yang diwakili Divisi Hukum dan Pencegahan Partisipasi Masyarakat (Parmas), Ketua KPU Metro, serta Ketua Organisasi Pers se- Kota Metro.

Dalam rapat publikasi dan dokumentasi pengawasan tahapan kampanye pemilu 2024, yang di selenggarakan Bawaslu Kota Metro, diharapkan bisa menangkal berita hoaks terlebih, saat ini sudah memasuki masa kampanye.

Divisi Hukum dan Pencegahan Partisipasi Masyarakat (Parmas) Bawaslu Metro,

Hendro Hadi Saputro menjabat Divisi Hukum dan Pencegahan Partisipasi Masyarakat (Parmas) Bawaslu Metro, menyampaikan publikasi dan dokumentasi tahapan kampanye merupakan bentuk koordinasi dan kerjasama dengan Insan Pers guna mensukseskan Pemilu di tahun 2024.

” Media salah satu garda terdepan dalam menyampaikan informasi ke publik secara tepat dan cepat terutama tentang tahapan Pemilu dan kegiatan Bawaslu. Oleh karena itu agar masyarakat bisa mengakses kemudian membaca, sehingga di hari pencoblosan pada 14 Februari 2024 mereka sudah tidak lagi bingung,” katanya.

Kemudian, Hendro mengharapkan para media dapat membantu dan menunjang tugas pengawasan Bawaslu selaku penyelenggara pemilu dalam mewujudkan Pemilu yang demokratis bermartabat dan berkualitas. Lalu, kepada seluruh Partai Politik (Parpol) yang terdaftar sebagai peserta Pemilu 2024 untuk taat aturan sesuai perundang-undangan PKPU atau juknis saat melakukan kampanye.

“Misalnya, dalam melakukan pertemuan atau kampanye harus mendapatkan STTP dari Kepolisian, kemudian cara memasang alat peraga kampanye (APK), tidak melakukan politik uang dan menyebarkan berita bohong atau hoax,” tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut, para wartawan j juga dibekali materi seperti media menangkal hoaks dan pegawasan program siaran berita, talkshow dan variety show selama Pemilu.

 

Pewarta : MM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *