Nusantara

Real Count Sementara KPU, Gerindra Unggul di DPRD Lampung Selatan

Admin
35
×

Real Count Sementara KPU, Gerindra Unggul di DPRD Lampung Selatan

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Kalianda Lampung – Dalam Pemilu 2024, Partai Gerindra diprediksi akan mendominasi jumlah kursi dari kuota 50 kursi di DPRD Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) dengan perolehan 9 kursi, diikuti oleh PDIP dengan 8 kursi.

Sementara itu, empat partai lainnya memperoleh 6 kursi, yaitu Golkar, PKB, PKS, dan Demokrat. Sedangkan PAN mendapatkan 5 kursi, Nasdem 2 kursi, sementara PPP dan Partai Garuda hanya memperoleh 1 kursi masing-masing.

Berdasarkan real count sementara dari website resmi KPU RI pada pukul 17.00, Kamis (22/2/2024) dengan progres 1921 TPS dari total 3029 TPS (63,42%), dari total 7 daerah pemilihan (Dapil) di Lamsel, Partai Gerindra berhasil menempatkan kader-kadernya secara merata hampir di setiap dapil, kecuali dapil 4 di Kecamatan Natar yang mendapat tiga kursi.

Sementara itu, PDIP juga mendistribusikan kursinya dengan hampir rata di setiap dapil, namun hanya berhasil menempatkan dia wakilnya di dapil 6 yang meliputi Merbaumataram, Tanjung Bintang, dan Tanjung Sari.

Namun demikian, meskipun unggul dalam perolehan kursi, PDIP masih memimpin dalam perolehan suara sah partai dengan total 44.822 suara (19,32%), sedangkan Gerindra baru berhasil mengumpulkan 43.414 suara (18,71%).

Ketua KPU Lamsel, Ansurasta Razak, menyatakan bahwa data rekapitulasi di website KPU-RI hanya bersifat sementara dan bukan acuan resmi pemilu 2024.

Menurutnya, aplikasi SiRekap hanya digunakan sebagai alat bantu untuk transparansi dan informasi kepada masyarakat dan peserta pemilu.

“Proses penghitungan resmi akan dilakukan secara manual dan berjenjang dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Rekapitulasi resmi akan dilakukan hingga tanggal 2 Maret 2024,” ujar Ansurasta.

 

MM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *