Nusantara

Aceh Selatan Jadi Salah Satu dari Lima Kabupaten Terbaik dalam Percepatan Penurunan Stunting

Admin
941
×

Aceh Selatan Jadi Salah Satu dari Lima Kabupaten Terbaik dalam Percepatan Penurunan Stunting

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Aceh Selatan – Kabupaten Aceh Selatan berhasil meraih peringkat kelima terbaik dalam upaya percepatan penurunan kasus stunting pada akhir tahun 2023. Prestasi ini didukung oleh data dari Elektronik Pencatatan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (EPPGBM).19/03/2024.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Aceh Selatan, Sahar Musnan, presentase anak stunting di Aceh Selatan saat ini mencapai 5 persen, menempatkannya di posisi kelima dari total 23 kabupaten/kota di Aceh. Data ini diungkapkan dalam kegiatan pemberdayaan kelompok masyarakat di kampung KB di Banda Aceh oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Aceh.

Musnan menekankan bahwa capaian tersebut merupakan hasil kerja keras pimpinan, Pj Ketua TP PKK, dan stakeholder lainnya yang sungguh-sungguh dalam upaya percepatan penurunan stunting. Dia juga menyampaikan bahwa saat ini terdapat 26 desa dari 7 kecamatan di Aceh Selatan yang menjadi lokasi fokus prioritas pencegahan dan penanganan stunting terintegrasi.

Di tempat yang berbeda Pj Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Selatan, Bd. Yuliani Irvana R., S.Tr. Keb, menyatakan bahwa capaian ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas program. Dia juga mengajak semua SKPK yang terlibat dalam percepatan penurunan stunting untuk terus melakukan monitoring, penguatan koordinasi, dan kolaborasi lintas program maupun lintas sektor dalam pelaksanaan program kegiatan di desa fokus. Hal ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang nyata terutama dalam peningkatan kualitas generasi penerus, khususnya di Aceh Selatan.

 

Pewarta: Rian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *