Nusantara

Ini lah awal adanya tradisi lama di Banten bikin ketupat Qunutan di hari ke 15 Bulan Ramadhan

Admin
2354
×

Ini lah awal adanya tradisi lama di Banten bikin ketupat Qunutan di hari ke 15 Bulan Ramadhan

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Banten – Bikin ketupat Qunut di wilayah Banten termasuk bagian dari tradisi lama yang masih diwariskan hingga saat ini. Tidak ada yang tahu pasti kapan dan tanggal dimulainya, karena itu tergantung ke 15 hari di bulan Ramadhan, sehingga wajar saja tidak adayang tau waktunya, Selasa (26/3/2024)

Menurut keterangan salasatu alumni wasilatul hidayah menurtnya,”Tradisi itu telah berlangsung sejak zaman Kesultanan Demak saat memperluas pengaruhnya ke daerah barat 1524. Sultan Cirebon, Sunan Gunung Jati, yang dibantu pasukan Demak menduduki pelabuhan Banten dan mendirikan Kesultanan Banten.”

Lanjut ia, tradisi Ketupat Qunut merupakan wujud rasa syukur umat Islam karena berhasil menjalani separuh Ramadan. Tradisi ini masih berlangsung di hampir seluruh wilayah Pulau Jawa juga selain itu,”Ketupat Qunut juga menjadi momentum saling berbagi makanan dan berkumpul bersama di masjid atau mushola pada malam harinya,” jelasnya.

Saat salat Tarawih, ulama fiqih juga menganjurkan untuk membaca doa Qunut yang diyakini untuk menolak bala. Hal itu dikarenakan akan banyak sekali godaan yang dialami oleh umat Islam dalam berpuasa pada 15 hari terakhir Ramadan.

Masih hal yang sama,”Dengan membaca doa tersebut, diharapkan umat Islam tetap kuat dalam beribadah puasa. Ketupat Qunut juga menandakan masuknya malam Lailatul Qadar, malam penting bagi umat Islam di bulan Ramadan,” pungkasnya.

 

Pewarta : Muklis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *