Nusantara

Program Ketapang Ternak Bebek Tahun 2022 di Desa Pasir Kembang dipertanyakan

Admin
×

Program Ketapang Ternak Bebek Tahun 2022 di Desa Pasir Kembang dipertanyakan

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Lebak Banten – Program pengadaan ternak Bebek dari program ketahanan pangan (Ketapang) yang dialokasikan dari Dana Desa Tahun 2022 di Desa Pasir Kembang, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Banten dipertanyakan.

Besaran Dana Desa yang dialokasikan Pemdes Pasir Kembang untuk program Ketapang itu diperuntukkan untuk pengadaan sebanyak 450 ekor ternak Bebek.

Namun, pada kenyataannya diduga tidak sesuai dengan yang ada di lapangan, dari sebanyak 450 ekor ternak Bebek itu dibagi 3 kelompok. Padahal ternak Bebek tersebut seharusnya dibagi ke 20 kelompok.

Salah satu kelompok penerima bantuan yang tidak mau disebutkan namanya mengaku bahwa ternak Bebek sebanyak 450 ekor adalah dirinya dari Kepala Desa setempat.

“Pak Kepala Desa Pasir Kembang sendiri yang menjual ternak bebek itu ke saya,” ungkapnya.

Salah satu kelompok lain yang juga enggan namanya disebutkan menyebutkan bahwa masyarakat Cangkek yang menerima bantuan itu ada tiga kelompok, diantaranya Kelompok Kampung Bandung, Kampung Cangkek, Kampung Ermedian dan dari tiga kelompok itu disatukan

“Betul saya sempat menerima bantuan ternak Bebek, disuruh mengurusnya yang saya terima 200 ekor, kalo tidak salah jumlah Bebek itu sebanyak 450 ekor dibagi bagi tiga kelompok. Sebagian saya tidak tau, bebek ini dari program ketahan pangan,” katanya.

Dilain pihak, seorang warga berinisial JA, membenarkan terkait penjualan Bebek dari program ketahan pangan Dana Desa. Ia berharap, pemerintahan desa agar transparan dan benar mengelola keuangan dari pemerintah.

“Iya program Ketapang itu kan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bukan sebaliknya. Jadi saya sangat menyayangkan atas kejadian tersebut,” katanya.

Hingga berita ini dilansir, Wartawan Mitrapol.com masih berupaya untuk melakukan konfirmasi kepada Kepala Desa Pasir Kembang, Muhammad Zakaria.

 

Pewarta : Jul/Ddn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *