Festival Pendidikan Al-Qur’an di Batununggal, Siapkan Generasi Islami

MITRAPOL.com, Bandung – Para pengelola Lembaga TKQ dan TPQ se- Kecamatan Batununggal serta para ustad – ustadzah menghadiri Festival Pendidikan Al Qur’an tahun 2022 di Madrasah Baitul Mughni 1, Sabtu 26 November 2022. Festival ini mengusung tema “Wujudkan Generasi Islami Yang Unggul dan Berakhlaqul Karimah”.

Kegiatan tersebut diadakan oleh Forum Komunikasi Pendidikan Al-Quran (FKPQ) Kecamatan Batununggal bagian dari mitra Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung.

Camat Batununggal H. Latief, S.IP., M.AP. saat menghadiri sekaligus membuka acara Festival Pendidikan Al Qur’an Tingkat Kecamatan Batununggal menyampaikan, para santri yang merupakan generasi penerus harus terus didukung untuk dapat menunjukkan kemampuannya dan meraih prestasi.

“Kami Pemerintah Kewilayahan berharap kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan, bukan hanya karena adanya event, akan tetapi menjadi kegiatan rutin,” ucapnya.

Menurut Latief, kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam membentuk karakter generasi akhlakul karimah sejak dini.

Latief pun memberikan apresiasi kepada santri, guru pendamping, serta pengurus dari Forum Komunikasi Pendidikan Al-quran (FKPQ) Kecamatan Batununggal agar sukses menorehkan prestasi membanggakan hingga tingkat Kota Bandung.

“Sementara itu Ketua Forum Komunikasi Pendidikan Al Qur’an (FKPQ) Kota Bandung Hj. Rida Rosida, S.Ag dalam sambutannya mengatakan “ Bulan ini (November) diselenggarakan Festival Pendidikan Al Qur’an di tiap-tiap kecamatan, dan Insya Alloh untuk tingkat Kota Bandung di selenggarakan pada 4 desember yang akan daatang.” kata Rida.

Dalam Laporannya Ketua Forum Komunikasi Pendidikan Al Qur’an (FKPQ) Kecamatan Batununggal H. Mustari, S.Ag, M.Pd menyampaikan, “Kegiatan FPQ ini di ikuti 16 Lembaga TKQ dan 6 Lembaga TPQ se-Kecamatan Batununggal dan berdasarkan catatan yang di terima santri yang turut serta dalam kegiatan ini sekitar 400 santri.

Lanjutnya, Adapun Jenis lomba yang dipertandingkan di tingkat TKQ meliputi Tahfidz Al Qur’an, Tari Gerak Daerah, Senam, Mewarnai, Doa harian, Adzan dan Shalat Berjamaah, Busana muslim. Adapun untuk tingkat TPQ antara lain lomba Tahfidz Al Qur’an, Puitisasi terjemah Al Qur’an, Tari Gerak Daerah, Asmaul Husna, Menulis dan Menggambar Kaligrafi, Adzan, Tashinul Kitabah dan Pildacil.

Acara berlangsung ramai dan meriah, diharapkan dengan adanya kegiatan Festival Pendidikan Al Qur’an Tingkat Kecamatan Batununggal ini mampu membangun masyarakat yang agamis, harmonis, dan sejahtera.

 

Pewarta : Hamdani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *