Brigjen TNI Rano Tilaar Resmi Menjabat KASKOGARTAP I/Jakarta

MITRAPOL.com, Jakarta – Jabatan Kaskogartap I/Jakarta diserahterimakan dari Brigjen TNI Novi Helmi Prasetya, S.I.P., M.I.P., kepada Brigjen TNI Rano Tilaar, S.E., yang dipimpin oleh Dan Kogartap I/Jkt Mayjen TNI Untung Budiharto yang juga menjabat Dangartap I/Jakarta, bertempat di Mako Gartap I/Jakarta Pusat, Selasa (6/12/2022).

Dalam sambutannya Dangartap I menegaskan, serah terima jabatan di lingkungan TNI adalah hal yang biasa dilakukan bagi Prajurit TNI dan bukan sesuatu yang asing. Semua dilakukan karena kebutuhan organisasi dan pembinaan karier bagi personel TNI.

Lebih lanjut Beliau katakan, bahwa jabatan merupakan amanah yang harus dilaksanakan yakni dengan memberikan kinerja yang terbaik serta menuntut peran pemimpin dan kesiapan kesatuan khususnya Gartap I/Jakarta, selain itu Komando Garnisun Tetap I/Jakarta adalah salah satu, satuan di bawah Mabes TNI.

Garnisun tetap I/Jakarta merupakan organisasi militer yang memiliki tugas pokok menegakkan hukum, disiplin dan tata tertib prajurit TNI dan PNS TNI di wilayah Jakarta serta wilayah penyanggahnya.

Selain itu, Kogartap I/Jakarta juga melakukan tugas-tugas Protokoler Kenegaraan untuk skala Nasional yang melibatkan langsung Bapak Presiden RI dan Wapresnya.

Tak lupa Dan Kogartap Jaya 1 menghaturkan ucapan terima kasih kepada para istri yang telah aktif menunjukkan pengabdian di organisasi dan mendampingi suami, karena keberhasilan pelaksanaan tugas suami, tidak terlepas dari peran istri di dalamnya.

Sementara itu, Kepala Staf Kogartap I/Jakarta Brigjen TNI Rano Maxim Adolf Tilaar, S.E., saat diwawancarai oleh awak media menjelaskan, “Tugas-tugas kegarnisunan di negara kita ini meliputi, yang pertama adalah penegakkan hukum dan pemeliharaan ketertiban bagi para prajurit TNI yang hidup berdampingan dengan masyarakat sipil. Jadi di Jakarta ini banyak camp-camp militer ditempatkan atau disposisinya berada di tengah-tengah pemukiman masyarakat sipil. Untuk itu, kita perlu menciptakan suatu iklim yang harmonis antara prajurit dengan masyarakat sipil.

“Oleh sebab itu kita harus menjaga yang namanya penegakkan hukum dan pemeliharaan ketertiban”papar Rano.

“Kemudian tugas yang kedua adalah fungsi garnisun di negara kita adalah yang disebut acara acara atau upacara protokoler dalam tingkat nasional yang dihadiri oleh Bapak Presiden dan Wapres”, ujarnya lagi.

Kemudian yang ketiga adalah fungsi ataupun tugas dalam rangka pemakaman militer, khususnya permakaman kepada warga negara yang memiliki tanda kehormatan.

“Jadi di sini tugas yang ketiga ini kita yang akan menentukan apakah Masyarakat yang memiliki tanda kehormatan negara tersebut harus dimakamkan dimana, apakah memenuhi syarat untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan atau cukup di Taman Makam Bahagia atau di tempat pemakaman umum,” pungkas Jenderal Bintang Satu Abituren Akmil tahun 1993.

Acara Sertijab yang digelar secara sederhana ini namun penuh kekhidmatan dihadiri oleh seluruh pejabat utama dan personel Gartap I/Jakarta dan Ketua serta pengurus IKKT cabang BS VI KOGARTAP-1/Jakarta. (Red/ PENKOGARTAP I/JKT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *