Nusantara

Kelompok Cipayung Plus Jawa Barat gelar pembukaan lomba Orasi Kebangsaan

Admin
×

Kelompok Cipayung Plus Jawa Barat gelar pembukaan lomba Orasi Kebangsaan

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Bandung, – Organisasi Eksternal Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Cipayung Plus Jawa Barat melaksanakan Pembukaan Lomba Orasi Kebangsaan di Komplek Bumi Patra Asri Kav. AA 12 Jl. Soekarno Hatta, Kamis (16/02/2023).

Lomba Orasi Kebangsaan yang di selenggarakan oleh Organisasi Eksternal Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Cipayung Plus Jawa Barat dengan tema “Kawangunna Mahasiswa Jawa Barat anu sareundeuk saigeul sangkan kawangun bangsa jeung nagara anu hiji”.

Diketahui Selaku Penanggung Jawab Sdr. Firman Nasution (Ketua Badko HMI Jawa Barat / Koordinator Cipayung Plus) dengan jumlah peserta sebanyak ± 178 orang dengan rincian 28 orang berasal dari 7 Elemen mahasiswa dan 150 orang berasal dari perwakilan pendukung.

Kegiatan Lomba Orasi kebangsaan yang di selenggarakan oleh Cipayung Plus Jawa Barat bekerjasama dengan Polda Jawa Barat merupakan upaya penggalangan terhadap Elemen mahasiswa dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif dalam menghadapi suhu politik yang semakin memanas menjelang Pemilu tahun 2024.

Kegiatan tersebut merupakan launching program dari Rumah Kebangsaan yang di dirikan oleh Cipayung Plus Jawa Barat bekerjasama dengan Polda Jawa Barat yang bertujuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di wilayah Jawa Barat agar tidak terpecah belah dan terprovokasi oleh issue – issue yang dapat memecah belah bangsa.

Menurut Firman, “Kegiatan Orasi Kebangsaan di laksanakan dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat Jawa Barat khususnya di kalangan mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus Jawa Barat dalam menghadapi situasi Politik menjelang Pemilu 2024,” ungkapnya.

“Adapun bentuk Orasi Kebangsaan yang di perlombakan di antaranya adalah Lomba puisi berbahasa Sunda, Lomba puisi berbahasa Indonesia, Lomba Pidato berbahasa Sunda dan Lomba Pidato berbahasa Indonesia,” terangnya.

“Para peserta akan membawakan beberapa Tema Puisi dan pidato di antaranya adalah Persatuan / Bhineka Tunggal Ika, Ekonomi tumbuh dan kuat, Keamanan dan kondusifitas, Kebangsaan, Nasionalisme, Anti Radikalisme dan Anti Terorisme,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Sdr. Marsus Salas (Pengurus Badko HMI Jabar) mengatakan, “Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada Polda Jabar juga kepada AKBP Haeruman selaku pembina di rumah kebangsaan,” ucapnya.

“Berangkat dari sensus penduduk indonesia yang beragam, rumah kebangsaan hadir untuk mempersatukan kita dalam bingkai Pancasila dan Nasionalisme. Saya mengajak kepada teman-teman untuk memperkenalkan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat. Karena begitu hebatnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bernegara,” kata Marsus Salas.

Di tempat yang sama, Ketua PW KAMMI Jabar / Perwakilan Rumah Kebangsaan Sdr. Agung Munandar, menambahkan, “Puji dan syukur kepada Allah SWT. Terimakasih kepada Pak Dir Intelkam yang telah hadir di tengah-tengah kita serta para ketua OKP yang telah hadir. Hari ini kita berada dalam konteks berlomba-lomba untuk kebaikan. Dan hari ini kita di fasilitasi dengan Rumah Kebangsaan yang tentunya menjadi kesempatan kita untuk berkonsolidasi untuk memajukan Indonesia dan mengkonsenkan juga dalam memilih pimpinan,” ucapnya.

Dalam lomba ini lanjutnya, “Perlu di ketahui juga bahwa ada puisi dan pidato bahasa sunda, ini sudah kewajiban kita sebagai warga jawa barat untuk melestarikan bahasa sunda,” kata Agung.

Masih di tempat yang sama, Kombes Pol Asep Nalaludin, S.I.K., M.Si (Dir Intelkam Polda Jabar) dalam sambutannya mengatakan, “Terimakasih kepada peserta dan tamu undangan yang telah hadir, permintaan maaf dari Kapolda karena berhalangan hadir dalam acara ini. Dan Pak Kapolda mengapresiasi atas kegiatan ini,” tuturnya.

“Dalam lomba ini saya minta 3 S, santai, serius dan sukses. Saya mengapresiasi langkah para generasi muda yang kompak dalam kebaikan ini. Dan dalam kesempatan ini, saya juga ingin menginformasikan kepada generasi muda barangkali ada yang mau menjadi TNI/POLRI silahkan mendaftar,” tutupnya dengan tersenyum.

Acara di lanjutkan dengan Penampilan puisi sunda yang di dedikasikan kepada Polda Jabar karena telah mengawal kondusifitas Jabar dari Kontestan sebagai sambutan dalam pembukaan kegiatan oleh Sdr. Hilman Muhammad Rofiq (Badko HMI Jabar) dan Sdr. Thaifur Rayya Difadrana (PW HIMA Persis Jabar).

Tampak di lokasi, acara di hadiri oleh Kombes Pol Asep Nalaludin, S.I.K., M.Si (Dir Intelkam Polda Jabar), Dr. I Ketut Adi Purnama, S.H., M.H (Kabag Analis Dit Intelkam Polda Jabar), AKBP Drs. Abdussalam, M.M (Kasubdit Politik Dit Intelkam Polda Jabar).

Selain itu tampak hadir juga AKBP Haeruman. S, S.H., M.H (Kasubdit Sosbud Dit Intelkam Polda Jabar), AKBP Robi Yanuar S, S.H (Kasubdit Kamneg Dit Intelkam Polda Jabar), Kompol Dodo Nurwenda, S.H., M.Si (Kasubag Renmin Dit Intelkam Polda Jabar) dan Perwakilan dari pejabat utama Polda Jabar.

Di ketahui, BADKO HMI Jawa Barat di pimpin oleh Sdr. Firman Nasution, Korwil III GMKI di pimpin oleh Sdr. Andreas Simanjuntak, PD HMHDI Jawa Barat di pimpin oleh Sdr. Putu Lingga Dharma Nanda, PW KAMMI Jawa Barat di pimpin oleh Sdr. Agung Munandar, DPD IMM Jawa Barat di pimpin oleh Sdr. Faisal Amien Prawira dan PW HIMA Persis Jawa Barat di pimpin oleh Sdr. Amirul Muttaqien yang mana acara berjalan aman dan kondusif. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *