Nusantara

Musim panen tiba, Begini pemandangan Petani di Cirinten memanfaatkan bahu jalan untuk jemur Padi

Admin
×

Musim panen tiba, Begini pemandangan Petani di Cirinten memanfaatkan bahu jalan untuk jemur Padi

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Lebak Banten – Sebagian petani di Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak, Banten sudah banyak yang melakukan panen padi.

Setelah memanen padi biasanya para petani menjemur padi di halaman rumah. Namun karena padatnya pemukiman warga maka tidak ada halaman yang bisa digunakan untuk menjemur padi sehingga cukup terbatas.

Tidak heran, menjemur padi menggunakan bagian bahu jalan lingkungan sudah menjadi pemandangan yang umum ketika memasuki musim panen padi.

Para pengguna jalan biasanya memang harus lebih hati-hati ketika melewati jalanan lingkungan yang terdapat adanya padi yang sedang di jemur.

Sarmin salah satu warga Kampung Dungkuk, Desa Cirinten, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak saat di jumpai tim media Mitrapol, Senin (20/02/2023) mengatakan sebenarnya menjemur padi di pinggir jalan juga memiliki resiko yaitu padi akan menjadi kotor karena terkena cipratan kerikil atau batu kecil dari kendaraan yang melintas.

Namun karena memang tidak ada lagi tempat yang bisa di gunakan untuk menjemur padi maka terpaksa menggunakan sebagian bahu jalan lingkungan.

Yayan ketua Rt. 009, Kampung Dungkuk, Desa Cirinten, Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak membenarkan bahwa saat ini di Kampungnya memang mengalami kendala tidak adanya tempat untuk menjemur padi.

“Karena memang tidak ada lagi tempat untuk menjemur padi warga biasa memanfaatkan sebagian bahu Jalan lingkungan namun selalu di berikan peringatan agar menjemur juga tidak terlalu ke tengah sehingga lalu lintas warga masih bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Jalan lingkungan biasanya juga tidak terlalu banyak pengguna jalan dalam waktu bersamaan sehingga pengguna jalan masih bisa memilih dan bergantian untuk melewati bagian jalan yang di gunakan untuk menjemur padi.

Hal ini sudah menjadi hal biasa Karena sebagian besar warga Kampung Dungkuk, Desa Cirinten Kecamatan Cirinten juga merupakan petani sehingga mengerti bahwa padi yang telah di panen harus segera di keringkan agar bisa di simpan dan memiliki kualitas yang baik.

 

 

Pewarta : Fathony Achamad McMp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *