Nusantara

Dua Tahun Tak Kunjung Jadi, Warga Kampung Gunung Agung Pertanyakan Program PTSL

Admin
668
×

Dua Tahun Tak Kunjung Jadi, Warga Kampung Gunung Agung Pertanyakan Program PTSL

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Terusan Nunyai Lamteng – Sejumlah warga Kampung Gunung Agung Kecamatan Terusan Nunyai, Lamteng mempertanyakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang sejak tahun 2020 hingga saat ini tak kunjung jadi.

Menurut mereka, saat itu warga didatangi Kepala Dusun dan RT untuk diajak ikut dalam program PTSL. Karena belum memiliki alas hak, warga pun tertarik ikut dalam program dan menyetorkan uang bervariasi mulai dari 550 hingga 750 ribu kepada Kepala Dusun.

“Waktu itu Kepala Dusun 1 Suwardi mendatangi kediaman saya untuk menawarkan program dari kampung dengan biaya 1,5 juta perbidangnya, tapi untuk biaya awal diminta setor 550 nanti setelah selesai baru pelunasan. Saya sudah menghadap kepala dusun untuk menanyakan bagaimana kejelasan program tersebut, namun hingga saat ini belum juga ada kejelasan,” keluhnya.kamis 23.02

Hal senada diceritakan salah satu warga dusun 3 yang meminta namanya dirahasiakan. Menurutnya, ia merasa curiga dalam proses pembuatan sertifikat PTSL ini, pertama tidak adanya sosialisasi sebelumnya dari kampung bahwa akan ada program sertifikat massal, yang kedua tidak adanya kelompok masyarakat (pokmas) yang dibentuk untuk mendata warga, dan yang lebih ganjil lagi, warga diminta sejumlah uang sebagai tanda ikut dalam program dengan nilai penarikan berbeda-beda setiap dusunnya.

“Kepala Dusun 3 Herwansyah meminta uang DP awal 500 ribu, lalu dua minggu kemudian diminta lagi 150 ribu. Saya pernah mendatangi kadus untuk meminta kejelasan terkait uang yang telah disetorkan, namun diberikan janji awal tahun 2021 akan selesai,” bebernya.

Sejumlah warga berharap pemerintah kampung segera merealisasikan sertifikat yang telah dijanjikan dari tahun 2020.

“Jika memang program tersebut tidak ada, kami meminta uang yang sudah disetorkan segera dikembalikan,” harapnya.

 

Pewarta : Lami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *