Info Polri

Antisipasi tanah longsor susulan, Sinergitas TNI – Polri di Maja pasang tiang pancuh

Admin
×

Antisipasi tanah longsor susulan, Sinergitas TNI – Polri di Maja pasang tiang pancuh

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Majalengka Jabar – Mengantisipasi terjadi kembali bencana alam tanah longsor, Sinergitas Polsek Maja Polres Majalengka Polda Jabar dan Koramil Maja bersama Masyarakat melakukan Kerja Bakti di Blok Pasir Desa Nunuk Baru Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka, Senin (6/3/2023).

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K. mengatakan sinergi TNI Polri tersebut merupaksn wujud kepedulian Polri dan TNI kepada masyarakat yang membutuhkan.

Diketahui bencana alam tanah longsor tersebut terjadi pada kemarin hujan dengan intensitas tinggi sehingga mengakibatkan tanah longsor dikarenakan Tembok penahan tanah tidak mampu menahan serapan air hujan di Blok Pasir Desa Nunuk Baru Maja – Majalengka.

“Dalam kejadian tanah longsor tersebut Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,”terang Kapolres Majalengka Polda Jabar AKBP Edwin Affandi.

Tanah longsor yang mengakibatkan tembok penahan tanah ambruk dengan tinggi 1,8 meter,lebar 7 meter dan panjang 20 meter.

Adapun rumah salah satu warga bagian gudang hampir terkena kikisan dari tanah longsor tersebut.

“Biarpun tidak menimbulkan adanya korban jiwa maupun materil akan tetapi apabila terjadi hujan lebat kembali tidak menutup kemungkinan akan terjadi pergeseran tanah kembali dan mengenai bangunan rumah tersebut dikarenakan struktur tanah labil daerah itu,” tandasnya.

Dalam hal ini Kami, Polsek Maja Polres Majalengka Polda Jabar bersama Koramil juga masyarakat membuat rekayasa dengan cara memasang tiang pancuh dengan menggunakan Bambu jenis haur sebagai langkah antisipasi longsor susulan,” ujarnya.

Selain itu, Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Pihak Desa untuk Pengajuan Bronjong Ke instansi terkait Pemkab Majalengka.

 

Pewarta : Hamdani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *