Nusantara

Warga Panik : Saluran Irigasi BKS 2, Desa Ringintelu Kecamatan Bangorejo Rusak Parah

Admin
×

Warga Panik : Saluran Irigasi BKS 2, Desa Ringintelu Kecamatan Bangorejo Rusak Parah

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Banyuwangi – Jatim, Musim hujan beberapa Minggu terakhir di banyuwangi telah merusak begitu banyak fasilitas umum maupun perorangan seperti jalan, jembatan, rumah dan lain-lain dengan kerugian yang tidak sedikit termasuk saluran talang irigasi tersier yang terletak di Bangunan Kesilir (BKS 2) Dusun Yudomulyo Desa Ringintelu Kecamatan Bangorejo.

Berawal dari laporan Juru dan Gabungan Himpunan Petani Pemakai Air (GHIPPA) kepada KORSDA wilayah bahwa saluran irigasi yang terletak di BKS 2, Dusun Yudomulyo Desa Ringintelu Kecamatan Bangorejo telah terjadi kerusakan parah yang berpotensi mengganggu debit air bagi kebutuhan petani pemakai air sekitar saluran tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Banyuwangi Dr. Ir. H. Guntur Priambodo. MM melalui Koordinator Sumber Daya Air (KORSDA) Pesanggaran Sugiyono langsung mengambil kebijakan dengan melakukan gerak cepat (sesuai Moto Pengairan bergerak cepat, Bertindak cepat, bersikap tepat) atas pengaduan tersebut dengan menurunkan pihaknya untuk bersama-sama dengan Himpunan Petani Pemakai Air yang dikomando oleh Ketua Gabungan HIPPA, Nursalim melaksanakan perbaikan saluran talang irigasi tersier yang rusak parah pada, Rabu (8/3/2022).

Pada saat perbaikan saluran talang irigasi tersier yang rusak itu terlihat Kepala Dusun Yudomulyo Sumardi dan Sugiono mengangkat pasir dibawah terik matahari layaknya tukang bangunan semua itu mereka lakukan sebagai bentuk pengabdian kepada warga masyarakat dan Negara untuk hasil ketahanan pangan maksimal.

Koordinator Sumber Daya Air (KORSDA) Pesanggaran Sugiyono mengatakan “Kami dan para Petani Pemakai Air secara bersama-sama melakukan perbaikan terhadap saluran talang irigasi tersier yang rusak dengan cara “GERAK CEPAT” Guna meningkatkan penyediaan air dan untuk menjamin tercapainya kebutuhan air masyarakat serta dukungan terhadap kegiatan perekonomian yang memerlukan air, sehingga dapat terwujud pengelolaan sumber daya air yang optimal dan berwawasan lingkungan dengan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat secara adil, merata, dan berkelanjutan, yang bertumpu pada kemandirian dan keswadayaan masyarakat,” Kata Sugiyono.

“Sugiyono menambahkan, “kami melaksanakan ini semua secara ikhlas kepada warga masyarakat (sesuai arahan Bapak Kadis PU Pengairan) dan bertanggung jawab kepada atasan sebagai bentuk pengabdian,” kata Sugiyono.

Ketua Gabungan HIPPA Tirto Jaya Makmur, Nursalim “Kami selaku perwakilan dari warga petani pemakai air mengucapkan, terima kasih atas GERAK CEPAT Kepala Dinas Pengairan Banyuwangi Dr. Ir. H. Guntur Priambodo. MM melalui KORSDA Pesanggaran Sugiyono yang telah merespon keluhan warga kami yang mana dengan adanya perbaikan saluran irigasi yang rusak ini dapat meningkatkan penyediaan air guna menjamin tercapainya kebutuhan air bagi warga petani kami serta dukungan terhadap kegiatan perekonomian yang memerlukan air di Desa Ringintelu.” Tutup Nursalim.

 

Pewarta : Rocky Sapulette

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *