Nasional

Inpres Jalan Daerah, Ruas Adipala – Ayah – Jladri Kembangkan Potensi Wisata Pansela Jawa Tengah

Admin
572
×

Inpres Jalan Daerah, Ruas Adipala – Ayah – Jladri Kembangkan Potensi Wisata Pansela Jawa Tengah

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Cilacap – Dalam Kunjungan Kerja ke Provinsi Jawa Tengah, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau selesainya perbaikan jalan daerah ruas Adipala – Ayah – Jladri yang menghubungkan Kabupaten Cilacap dan Kebumen. Ruas Adipala – Ayah – Jladri sepanjang 44 km merupakan jalur logistik dan bagian dari jaringan jalan Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang menghubungkan ke lokasi-lokasi pariwisata populer, seperti Pantai Ayah dan Karang Bolong di Kebumen.

Menteri Basuki mengatakan ruas Adipala – Ayah hingga Jladri ditingkatkan kondisi aspalnya dan dilebarkan jalannya dari semula 5 meter menjadi 7 meter agar memberikan kenyamanan bagi pengendara.

“Kita tahu di ruas ini terdapat Pantai Ayah Kebumen yang merupakan salah satu destinasi pariwisata lokal. Dalam masa libur Tahun Baru 2024, ruas ini sangat padat dilalui. Perbaikan kondisi jalan menjadikan ruas lebih lancar, tetapi tidak hanya untuk sektor pariwisata tetapi juga sektor logistik di Kabupaten Cilacap dan sekitarnya,” kata Menteri Basuki, Kamis (4/1/2024)

Perbaikan ruas Adipala – Ayah hingga Jladri terbagi dalam 7 paket pekerjaan sepanjang 44 km. Untuk 2 paket meliputi pekerjaan rehabilitasi dan pelebaran serta 2 paket pelebaran berada di Kabupaten Cilacap. Sisanya 3 paket pelabaran ruas Ayah – Jladri berada di Kabupaten Kebumen dan sebagaian di Purworejo.

Menteri Basuki mengatakan selain Ruas Adipala – Ayah – Jladri, pekerjaan rehabilitasi dan pelebaran jalan daerah dilakukan Kementerian PUPR pada tahun 2023 dengan total 51 ruas jalan provinsi dan Kabupaten/kota sepanjang 282 km untuk Provinsi Jawa Tengah. Perbaikan jalan daerah oleh pemerintah pusat ini sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah dengan alokasi anggaran di Jawa Tengah sebesar Rp1,28 triliun.

“Melalui Inpres Jalan Daerah, jalan-jalan daerah yang rusak, terutama jalan penghubung kawasan produksi dan industri, dengan outlet dan pasarnya diperbaiki melalui bantuan dari pusat,” kata Menteri Basuki.

Pelaksanaan IJD merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kemantapan jalan daerah dan konektivitas yang terpadu dengan sistem jaringan jalan nasional. Ruas Adipala – Ayah – Jladri yang terkoneksi dengan Jalan Pansela sendiri dapat menjadi alternatif bagi pengguna jalan, di samping Jalan Tol Trans Jawa, Jalan Lintas Pantai Utara (Pantura), dan Lintas Tengah Pulau Jawa.

Selain kondisi jalan yang sudah bagus, para pengguna jalan yang sedang memanfaatkan Libur Tahun Baru juga dapat menikmati pemandangan yang indah di sepanjang jalur Pansela serta terdapat banyak lokasi pariwisata, salah satunya Pantai Ayah di ruas Ruas Adipala – Ayah – Jladri.

Turut mendampingi Menteri Basuki, Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Preservasi Wilayah 1 Jalan dan Jembatan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Nyoman Suaryana, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-DI Yogyakarta Rien Marlia (Red/Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *