Nusantara

Bawaslu Sumut Terima Kunjungan Perwakilan Library Of Congress Kedubes Amerika Jakarta

Admin
21
×

Bawaslu Sumut Terima Kunjungan Perwakilan Library Of Congress Kedubes Amerika Jakarta

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Medan Sumut – Bertempat di Kantor Bawaslu Sumut, Anggota Bawaslu Sumut Suhadi Sukendar Situmorang menerima kunjungan Library of Congress American Embassy Jakarta yang diwakili oleh Nina Kania Dewi, Spesialis Akuisisi pada Senin (15/01/2024).

Suhadi mengapreasiasi kunjungan dari Library of Congres Jakarta ke Bawaslu Sumut.

“Kami berterimakasih bahwa Library of Congress Jakarta datang langsung ke Bawaslu Sumut tentu dengan tujuan baik dan membawa kemanfaatan bagi Bawaslu,” kata Koordinator Divisi Pencegahan dan Parmas Bawaslu Sumut ini.

Sementara itu Nina Kania Dewi mengungkapkan bahwa tujuan kunjungan ini adalah untuk mendapatkan publikasi tercetak yang diterbitkan pada tahun 2019 s.d 2023.

“Library of Congress sudah ada sejak tahun 1964 di Jakarta dan selama ini juga kami menghimpun semua publikasi yang bersifat kajian yang dapat diakses oleh publik, dan salah satu nya ada kami temukan di Bawaslu Sumut,” Katanya.

Nina juga menambahkan bahwa sejak 2014 Library of Congress sudah mengoleksi publikasi yang berkaitan dengan pemilu.

“Bahwa yang kami ketahui melalui website Bawaslu Sumut, ada kajian terkait pemilu serentak yakni Serial Evaluasi Pilkada Serentak di Indonesia, jadi kami bermaksud kiranya publikasi tersebut dapat kami peroleh,” katanya.

Lebih lanjut Nina menjelaskan bahwa Library of Congress mengalami keterbatasan dalam memperoleh publikasi tersebut.

“Oleh karena itu kami mendatangi langsung instansi pemerintah untuk mendapatkannya, dan publikasi ini juga akan dipergunakan oleh anggota congress untuk menambah khazanah informasi tentang Indonesia, para peneliti yang mendalami studi mengenai wilayah ini dan untuk kepentingan Indonesia sendiri,” ungkapnya lagi.

Merespon hal tersebut, Suhadi berharap kiranya publikasi Bawaslu Sumut tersebut dapat dipergunakan dengan baik.

“Kiranya buku ini memberi manfaat bagi Library of Congress terutama penelitian dibidang kepemiluan,” Pungkasnya.

Dalam kesempatan ini Bawaslu Sumut menyerahkan Buku Serial Evaluasi Pilkada Serentak di Indonesia ke Library of Congress sebanyak 5 eksemplar.

Sebagai informasi bahwa pada tahun 2021, Bawaslu Sumut dan Bawaslu Kabupaten/Kota melakukan riset dan penelitian tentang pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2015-2020 khususnya di Sumatera Utara yang dikompilasi menjadi Buku Serial Evaluasi Pilkada Serentak di Indonesia.

 

Pewarta : Baktiman Berutu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *