Info TNI

Buka FGD, Jenderal Maruli Simanjuntak tegaskan TNI AD konsisten dan komitmen lestarikan lingkungan

Admin
672
×

Buka FGD, Jenderal Maruli Simanjuntak tegaskan TNI AD konsisten dan komitmen lestarikan lingkungan

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. menegaskan bahwa TNI AD tetap konsisten pada komitmennya untuk melestarikan lingkungan.

Hal tersebut dikatakan Kasad kala membuka Focus Group Discussion (FGD) bertema “Meningkatkan Peran TNI AD Dalam Program Pelestarian Lingkungan Hidup Guna Mencegah Terjadinya Kerusakan Wilayah” yang digelar di Taman Wisata Alam (TWA) Mangrove Angke Kapuk, Jakarta, Kamis (7/3/2024).

FGD yang diinisiasi oleh Staf Ahli Kasad Bidang Pengawasan Khusus dan Lingkungan Hidup (Wassus dan LH) Mayor Jendral TNI Arkamelvi ini mengangkat studi kasus restorasi tanaman mangrove oleh TNI AD di wilayah Kalimantan Utara dan Batam.

“Adapun untuk kita ketahui bahwa Luas Mangrove di Indonesia 23% Dari Mangrove yang ada di Bumi ini.” papar Mayjen Arkamelvi.

Dalam sambutannya Kasad menyampaikan, penanaman mangrove merupakan salah satu project yang dilakukan TNI AD untuk memperbaiki kerusakan alam di wilayah pesisir pantai di wilayah Indonesia.

“Kita mulai ke arah mangrove itu, (awalnya) ketika saya di Kodam IX/Udayana, melihat pantai-pantai banyak yang rusak. Makanya kita memulai menaman mangrove. Setelah perjalanan panjang kita berdiskusi, ternyata mangrove juga menjadi perhatian internasional sebagai salah satu upaya merestorasi lingkungan hidup,” ujar Kasad

Lebih lanjut Kasad mengatakan bahwa dengan menanam mangrove di wilayah pantai juga akan berdampak luar biasa dalam menyejahterakan masyarakat di pesisir pantai.

Meskipun demikian, Kasad juga menegaskan bahwa implementasi kegiatan ini membutuhkan dana yang cukup besar, serta kepedulian dari seluruh komponen masyarakat dan lembaga pemerintah maupun non pemerintah, agar pelestarian lingkungan dapat berjalan secara berkesinambungan. Walaupun upaya ini membutuhkan proses dan jangka waktu yang panjang, TNI AD menyatakan siap membantu hingga lingkungan di tanah air kembali lestari.

Dalam rangkaian kegiatan FGD ini, Kasad, beserta narasumber FGD, Direktur Rehabilitasi Perairan Darat dan Mangrove (RPDM) Ditjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan (PDASRH) Kementerian Lingkungan Hidup Inge Retnowati, dan peserta FGD, bersama-sama meninjau lokasi Taman Mangrove yang berada di TWA Mangrove, Angke, Kapuk, Jakarta Utara.

Sebagai informasi, TNI AD hingga kini telah menanam lebih dari 200.000 bibit mangrove di beberapa wilayah pantai Indonesia, yang dikerjakan oleh prajurit bersama masyarakat. TNI AD juga telah membuka lahan seluas 30 hektar di wilayah Kalimantan Utara untuk ditanami mangrove.

 

DR/Dispenad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *