Internasional

Perluas kerja sama dengan Negara-negara Islam, Rusia buka peluang regional baru

Admin
433
×

Perluas kerja sama dengan Negara-negara Islam, Rusia buka peluang regional baru

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Jakarta – Negara mitra dapat meningkatkan ekspor produk Rusia sesuai dengan standar Halal dan menguntungkan untuk berinvestasi dalam pembangunan di wilayah-wilayah Rusia. Tentang peluang kerjasama baru tersebut dijelaskan oleh Kepala Kelompok Visi Strategis “Rusia – Dunia Islam”, Kepala Republik Tatarstan Rustam Minnikhanov, dalam pertemuan dengan duta besar negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) pada tanggal 5 Maret. Pertemuan ini diadakan di Gedung Resepsi Kementerian Luar Negeri Rusia di Moskow.

“Seperti yang terlihat dari contoh Republik Tatarstan – salah satu wilayah terkemuka di Rusia – kita bisa melihat bagaimana Rusia memperluas kerjasama dengan dunia Islam dan membangun kontak perdagangan, ekonomi, dan investasi, kami juga berhasil mengembangkan hubungan budaya dan kemanusiaan. Republik kami menjadi salah satu wilayah percontohan dalam menerapkan prinsip-prinsip perbankan dan pembiayaan Islam di Rusia, dan saat ini sedang dilakukan kerja aktif untuk mengembangkan industri Halal, dengan memberikan perhatian besar pada pendidikan Islam,” ujar Rustam Minnikhanov mengenai arah kerja sama yang menjanjikan.

Minat terhadap produk halal dari wilayah Rusia sudah mulai muncul di Bahrain. Selama pertemuan baru-baru ini antara Raja Bahrain dan Kepala Tatarstan, mereka sepakat untuk mengimpor produk-produk yang diproduksi di republik tersebut sesuai dengan standar halal ke Bahrain. Rustam Minnikhanov juga menyampaikan tentang kemungkinan bagi pengembang Bahrain untuk menguntungkan mewujudkan proyek-proyek konstruksi di wilayah Tatarstan dan mengundang delegasi Kerajaan Bahrain untuk ikut serta dalam forum internasional “Rusia – Dunia Islam: KazanForum”, yang akan diadakan di Kazan pada 14-19 Mei 2024.

Pada tahun ini, dalam program forum akan diadakan komisi antarpemerintah, serta forum-forum khusus “Rusia-Malaysia”, “Rusia-Qatar”, “Rusia-Azerbaijan”. Di pameran pencapaian ekonomi, stan akan diwakili oleh Iran, Mesir, Republik Turki, Indonesia, Malaysia, Azerbaijan, Turkmenistan, dan lainnya.

Tema utama, menurut penyelenggara, akan menjadi industri halal, keuangan Islam, pengembangan koridor transportasi, dan pendidikan. Selain itu, tema pariwisata, termasuk medis, juga akan dibahas. Program budaya juga akan diperluas: acara khusus akan diadakan mengenai seni Islam digital, ekonomi kreatif, dan industri film. Pengembangan olahraga juga akan menjadi topik penting. Forum internasional Kamar Dagang dan Industri akan mengumpulkan perwakilan bisnis dari negara-negara Islam.

Kepala Republik Tatarstan mengingatkan bahwa pada tahun 2022, Kazan telah dinyatakan sebagai Ibukota Pemuda Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan pada tahun 2025, di ibu kota Republik Tatarstan, dengan dukungan dari pemerintah federal dan Organisasi Kerjasama Islam, rencananya adalah menyelenggarakan Pertandingan Olahraga Pemuda Islam pertama. Atlet berusia 14-16 tahun dari lebih dari 40 negara Islam akan bersaing dalam 20 cabang olahraga.

Kami mengundang koresponden dan pimpinan media untuk berpartisipasi dalam program Forum Internasional “Rusia – Dunia Islam: KazanForum” dan acara khusus untuk media. Kami akan senang melihat Anda di KazanForum-2024!

Forum Ekonomi Internasional «Rusia – Dunia Islam: KazanForum» adalah platform utama untuk interaksi bisnis antara Rusia dan negara-negara dunia Islam. Tujuan dari forum ini adalah untuk memperkuat hubungan perdagangan, ekonomi, ilmu pengetahuan, teknis, pendidikan, sosial dan budaya antara daerah Federasi Rusia dan negara-negara Organisasi Kerjasama Islam dengan beranggotakan 57 negara.

Forum Ekonomi Internasional XV “Rusia – Dunia Islam: KazanForum” akan diselenggarakan pada 14-19 Mei 2024. Tempat: Federasi Rusia, Republik Tatarstan, Kazan.

Topik utama KazanForum-2024: keuangan Islam, industri halal, investasi internasional, industri, teknologi inovatif, energi, logistik, pariwisata, diplomasi, prinsip-prinsip ESG, usaha kecil dan menengah, kedokteran, olahraga, industri media, dll.

Pendaftaran untuk KazanForum-2024 di situs web resmi Forum: www.kazanforum.ru. Kami berharap dapat bertemu Anda di KazanForum-2024

 

Pewarta : Muklis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *