Nusantara

Apel HUT ke-16, Praktik Demokrasi Substantif Jadi Tugas Bawaslu

Admin
341
×

Apel HUT ke-16, Praktik Demokrasi Substantif Jadi Tugas Bawaslu

Sebarkan artikel ini
https://mitrapol.com

MITRAPOL.com, Medan Sumut – Bawaslu Sumut menyelenggarakan Apel Pencanangan HUT ke 16 Tahun Bawaslu di halaman Kantor Bawaslu Sumut (25 Maret 2024) yang dihadiri Pimpinan Bawaslu Sumut antara lain M. Aswin Diapari Lubis, Romson Poskoro Purba dan Suhadi Situmorang serta Kepala Sekretariat Bawaslu Sumut Feri Mulia Siagian beserta jajaran Staf.

Apel pencanangan ini terselenggara atas Surat Edaran Ketua Bawaslu RI Nomor 74 Tahun 2024 tentang Pedoman Peringatan HUT ke 16 Badan Pengawas Pemilu.

“Pelaksanaan pemilu yang berintegritas, akuntabel, dan berkualitas merupakan salah satu tujuan yang hendak dicapai dari praktik demokrasi substantif. Namun, seperti kita ketahui bersama bahwa pendalaman demokrasi di sebuah negara bangsa termasuk Indonesia khususnya di Sumatera utara tidak selamanya berjalan mulus. Secara teoritis dan empiris masih banyak ditemui hambatan-hambatan yang mengganggu proses dan hasil pemilu. Akibat dari adanya gangguan tersebut,

substansi atau kualitas demokrasi menjadi tidak atau belum terwujud dengan ideal. Untuk itu, agar demokrasi substanstif yang termanifestasi dalam pemilu yang berintegritas dapat dicapai, diperlukan langkah-langkah serius dari berbagai pihak dalam menjaga dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemilu.,” ungkapnya.

Ketua Bawaslu Sumut ini juga mengungkapkan Bawaslu sebagai salah satu penyelenggara pemilu, bertugas untuk mengawasi proses pemilu agar harapan masyarakat, terhadap terciptanya pemilu yang demokratis bisa terpenuhi. Maka di hari ulang tahun Bawaslu yang ke 16 bukan lah usia muda tetapi kita semua harus banyak belajar dan memegang teguh semangat dalam menjaga demokrasi.

Dan saya atas nama Bawaslu Provinsi Sumatera utara mengucapkan Terimakasih atas kerja-kerja di pemilu 2024 ini yang sama-sama kita ketahui telah usai tahapannya. Tetapi ingat kerja kita belum tuntas Masih banyak Pekerjaan Rumah yang harus kita benahi bersama agar semua cita-cita dan keinginan masyarakat maupun kita sendiri terwujud, ingat Pengawasan Pemilukada sudah di depan mata.,” jelasnya.

Hasil pengumpulan masukan ini menjadi rencana tindak lanjut Bawaslu Sumut untuk disampaikan ke Bawaslu RI dalam waktu segera.

 

Pewarta : Baktiman Berutu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *