Nusantara

Wakil Bupati Buton Utara Ajak Umat Muslim Amalkan Nilai Luhur Yang Terkandung Dalam Kitab Suci Alqur’an

Admin
341
×

Wakil Bupati Buton Utara Ajak Umat Muslim Amalkan Nilai Luhur Yang Terkandung Dalam Kitab Suci Alqur’an

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Buton Utara Sultra – Wakil Bupati Buton Utara Ahali, SH , MH., menghadiri Peringatan Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan 1445 H/ 2024 M yang diselenggarakan oleh Tamir dan Jamaah Masjid Agung Attaqwa Buton Utara. Rabu, 27 Maret 2024

Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengajak umat muslim Kabupaten Buton Utara untuk terus mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam kitab suci Al-Quran.

“Al-Quran sebagai risalah yang sempurna dan universal bagi ummat manusia, dengan konsep Tanzil, turun membawa banyak pesan yang harus dipresentasikan dalam kehidupan sehari-hari” Ucap Wakil Bupati.

Lebih lanjut, Ahali, menyebutkan Al-Qur’an diturunkan untuk menjadi petunjuk bagi seluruh masyarakat hingga akhir zaman, bukan saja pada masyarakat dimana Kitab ini diturunkan.

Menurutnya, ajaran Al-Qur’an tidak bermaksud untuk menciptakan masyarakat yang seragam di seluruh belahan bumi, tetapi memberikan prinsip-prinsip umum yang memungkinkan terjadinya pola keseimbangan hidup dalam masyarakat, serta dibawah Ridha Allah SWT akan tercipta masyarakat yang Baldatun Thoyyibatun Wa Rabbun Ghafur.

Di samping itu, Dia juga berharap, dibulan ramadhan ini dapat dijadikan momentum untuk memperbaiki dan meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan terhadap ajaran Al-Qur’an. sebagaimana dinyatakan dalam hadis Ibnu Mas’ud, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya”.

Diakhir sambutannya, Ahali mengajak kaum muslimin dan muslimat untuk senantiasa bersikap saling menghargai, memahami dan mengutamakan toleransi pada perbedaan, serta menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan demi keutuhan bangsa dan negara.

“Mari kita petik hikmah dari peringatan Nuzulul Qur’an ini, dengan harapan, semoga kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT semakin meningkat, dan juga lebih mempererat silaturahmi dan memperkuat Ukhuwah Islamiyah guna mendukung terwujudnya kerukunan hidup umat beragama.

Turut Hadir Ketua MUI Kabupaten Buton Utara Ali Nurdin, S.Ag., Camat Kulisusu Sukman Tarima, ST., Kapolsek Kulisusu AKP Sulatin, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Buton Utara diwakili oleh Kasubag TU La Mahiri, S.Pd., M.Pd., serta para Jamaah Masjid Agung Attaqwa Buton Utara.

 

Pewarta : David Wiridin/hms

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *