Nusantara

Dinilai Tidak Objektif, Pemberitaan Miring rugikan SPBU Tridatu Lampung Timur

Admin
×

Dinilai Tidak Objektif, Pemberitaan Miring rugikan SPBU Tridatu Lampung Timur

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Lampung Timur – Pengelola Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang berlokasi di Desa Tridatu di Jl. Raya Lintas Timur, desa Rajabasa Lama, Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur merasa dirugikan dengan beredarnya berita dugaan penyalahgunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar, karena ditayangkan tidak sesuai kenyataan dan dinilai sepihak.

“Kami merasa sangat dirugikan dan keberatan dengan pemberitaan di beberapa media yang sudah memberitakan secara sepihak, ini disampaikan karena kami menilai secara substansif, judul dan lead berita yang disampaikan tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya,” ujar Khsirul, Humas SPBU kepada awak media, Jumat (14/06/2024).

Menurutnya, ketidak objektifan dan dampak dari pengabaian prinsip kerja jurnalistik ini telah mengakibatkan kekeliruan pemahaman bagi para pembaca. Akibatnya dapat memicu kegaduhan di tengah masyarakat.

“Apa lagi diberita yang beredar tersebut menyebutkan oknum Pengelola SPBU diduga curang dan kelabui konsumen, curangnya dimana dan konsumen mana yang dirugikan, itu saja,” jelasnya.

Khairul menyayangkan, hal ini apalagi berita atau informasi yang tak benar ini justru terus dimasifikasi dan diolah ulang. Sehingga kian mengaburkan fakta yang sebenarnya.

“Pada judul berita tersebut kami nilai sebagai bentuk pengabaian prinsip – prinsip kerja jurnalistik. Apalagi terkait tulisan dugaan “memanipulasi’ tertulis dexlite tapi isinya solar juga tidak benar, karena tiga noksel itu memang ada dexlite dan solar,” terangnya.

Kemudian, Khairul selaku Humas SPBU juga mengatakan, terkait warga yang dirugikan tersebut tidak dijelaskan narasumbernya.

“Boleh cek masyarakat setempat dan dikonfirmasi tidak ada yang merasa dirugikan karena para warga ketika butuh solar dan pertalite selalu ada tersedia di SPBU kami,” ujarnya.

Ditambahkannya, berita yang merugikan pihak SPBU Tridatu yang berlokasi di Kabupaten Lampung Timur, itu tidak berimbang, berarti semua pihak mendapatkan kesempatan setara. Sehingga berita yang telah beredar tidak proporsional.

“Harusnya ada hak jawab kami juga di berita itu dan wartawannya juga diharapkan tidak beritikad buruk berarti tidak ada niat secara sengaja dengan semata-mata untuk menimbulkan kerugian pihak lain. Disitu ada opini yang menghakim atau narasi pendapat pribadi wartawan tersebut hingga keakuratannya sangat rendah yang berarti sulit dipercaya kebenarannya karena mengambarkan keadaan yang tidak objektif,” tutupnya.

 

Pewarta : MM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *