Nusantara

Walikota Bandar Lampung Buka MTQ ke-53 Tahun 2024 di Stadion Mini Way Dadi

Admin
×

Walikota Bandar Lampung Buka MTQ ke-53 Tahun 2024 di Stadion Mini Way Dadi

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Bandar Lampung – Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana secara resmi membuka pelaksanaan perlombaan MTQ Ke 53 Tahun 2024, di lapangan Stadion Way Dadi Sukarame, Bandarlampung, Senin Malam (27/05/2024).

Turut hadir dalam acara perlombaan MTQ ke 53 tahun 2024 ini mendampingi walikota Bandarlampung Hj. Eva Dwiana, Wakil Walikota Deddy Amarullah, Sekdakot yang juga ketua LPTQ Kota Bandarlampung Iwan Gunawan, Ketua DPRD Kota Bandarlampung Hi. Wiyadi, Dandim 0410/Bdl, Kolonel ARH. Tan Kurniawan, Kepala kanwil Kemenag Provinsi Lampung Drs. Hi.Puji Raharjo, Kepala Kemenag kota Bandar Lampung Hi. Makmur, Kepala Pengadilan Negeri Bandarlampung, Kepala Pengadilan Agama Bandarlampung, Kepala Pimpinan tinggi pratama, ketua Dharma Wanita Persatuan dan kesatuan kota Bandarlampung, para staf ahli, para asisten, serta para Forkopimda kota Bandarlampung, dan para Dewan Hakim Tim Juri perlombaan MTQ Ke 53 Tahun, serta para undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Sapto Hariyanto S.IP selaku Ketua Pelaksana MTQ menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT, yang telah memberikan berkah dan nikmatnya.

“Malam hari ini kita berkumpul dan bersilaturahmi di stadion mini Way Dadi Sukarame ini dalam rangka pelaksanaan pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an MTQ ke 53 tingkat Kota Bandar Lampung tahun 2024. Oleh karena itu, berkaitan kegiatan MTQ ke 53 dengan tema mewujudkan generasi muda Kota Bandarlampung yang Cinta Alquran,” ujar Sapto.

Dasar penyelenggaraan keputusan Walikota Bandar Lampung nomor 399/I/05/2024 tanggal 27 Februari tahun 2024 Kecamatan Kedaton sebagai tempat penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ Ke 53 Tahun 2024, tingkat Kota Bandar Lampung tahun 2024.

Adapun peserta dari 20 Kecamatan se kota Bandarlampung sebanyak 421 orang official 231 orang dan pendamping sebanyak 4.254, Dewan Hakim juri, berasal dari kantor Kementerian Agama kota Bandarlampung, Universitas Islam Lampung dan pimpinan pondok pesantren sebanyak 65 orang.

Waktu penyelenggaraan mulai tanggal 27 Mei 2024 — 30 Mei 2024, dan cabang yang dilombakan :
– Mimbar satu cabang tilawah golongan tartil anak-anak remaja dan dewasa bertempat di lapangan Way Dadi Sukarame

– Mimbar dua cabang qiroatul Quran golongan qiraat Murottal. Murottal dewasa qiraat mujawwad dewasa dan tilawah golongan tartil Alquran bertempat di masjid lailatul qadar jalan kiwi kelurahan sidodadi kedaton

– Mimbar tiga cabang Alquran golongan Tahfidz 1 juz dan Tilawah 5 juz dan Tilawah 10 juz dan Tilawah golongan cacat bertempat di Masjid Darussalam Kelurahan Sukamenanti, kecamatan kedaton.

– Golongan Tahfidz 30 juz dan Tafsir Alquran bertempat di Masjid Jami Taufiqurrahman Jalan Onta nomor 90 Kelurahan sukamenanti, lima cabang atau cerdas cermat bertempat di masjid babussalam Jalan teuku umar penengahan 6 cabang Syarhil Quran bertempat di Masjid Al Hikmah Jalan Gang Bukit Kelurahan penengahan Raya. Cabang Alquran bertempat di pondok pesantren al-hikmah Jalan Sultan Agung Gang Raden Saleh Raya.

Selanjutnya, 48 cabang makalah ilmiah Alquran bertempat di SMP al-azhar Jalan Mawar Nomor 43 Kedaton mimbar, ke-9 menghafal hadits bertempat di pondok pesantren al-hikmah Jalan Sultan Agung Gang Raden Saleh Raya Kedaton, biaya penyelenggaraan berasal dari APBD Kota Bandarlampung tahun 2024.

Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ Ke 53 Tahun 2024, tingkat Kota Bandarlampung tahun 2024, peserta dari 20 Kecamatan se kota Bandarlampung sebanyak 421 orang official 231 orang dan pendamping sebanyak 4.254 orang yang mana dewan Hakim berasal dari kantor Kementerian Agama kota Bandarlampung serta Universitas Islam Lampung.

Pimpinan pondok pesantren sebanyak 65 orang, waktu penyelenggaraan terhitung mulai tanggal 27 mei 2024 sampai dengan 30 Mei 2024.

Ada Empat cabang yang dilombakan mimbar satu cabang tilawah golongan tartil anak-anak remaja dan dewasa bertempat di lapangan Way Dadi Sukarame mimbar dua cabang qiroatul Quran golongan qiroat Murottal.

Murottal dewasa qiraat mujawwad dewasa dan Tilawah golongan tartil Alquran bertempat di Masjid lailatul qadar Jalan Kiwi Kelurahan Sidodadi Kedaton mimbar, tiga cabang Alquran golongan Tahfidz 1 juz dan Tilawah 5 juz dan Tilawah 10 juz dan Tilawah golongan cacat bertempat di Masjid Darussalam Kelurahan Sukamantri Kecamatan Kedaton.

Golongan Tahfidz 30 juz dan Tafsir Alquran bertempat di Masjid Jami Taufiqurrahman Jalan Onta nomor 90 Kelurahan sukamenanti lima cabang atau cerdas cermat bertempat di Masjid Babussalam Jalan Teuku Umar penengahan 6 cabang Syarhil Quran bertempat di Masjid Al Hikmah Jalan Gang Bukit Kelurahan penengahan Raya cabang Alquran bertempat di pondok pesantren al-hikmah Jalan Sultan Agung Gang Raden Saleh Raya.

Sebatas kemampuan dan kewenangan yang ada pada kami dengan harapan MTQ Ke 53 Tahun 2024 ini, dapat menumbuhkan kecintaan dan menggairahkan umat agar senantiasa mempelajari dan memahami isi dan kandungan Alquran sebagai petunjuk serta pedoman dalam kehidupan pribadi bermasyarakat bernegara agar tercapai masyarakat beriman bertakwa dan religius.

Di kesempatan yang sama ketua LPTQ Provinsi Lampung, Drs. Qodratul Ikhwan, MM, dalam sambutannya melaporkan, bahwa kegiatan MTQ merupakan salah satu sarana siarkan Alquran.

“Kegiatan ini menjadi motivasi sendiri dalam membangun generasi yang Qurani dan Cinta Alquran. Mari kita jadikan ini momentum berharga bagi kita untuk pelajaran memperdalam pemahaman Alquran. Sehingga dapat memperbaiki diri menuju lebih baik kedepannya,” ujar Qodratul.

Sementara itu. Walikota Bandarlampung Hj. Eva Dwiana sekaligus membuka secara resmi perlombaan MTQ Ke 53 Tahun 2024. Ia menyampaikan, bahwa untuk meningkatkan pemahaman dan kecintaan sebagai umat Islam kepada kitab suci Alquran.

“Hal ini menjadi penting dan strategis dalam berbagai macam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Saya berharap kepada kita semua kuatkan kerukunan umat beragama di Kota Bandarlampung,” tutupnuya.

 

Pewarta : MM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *