Pemkab Bolmong Utara Bersama Kapolres Bolmut Gelar Apel Gabungan Antisipasi Bencana Alam

MITRAPOL.com, Bolmut – Dalam rangka kesiapsiagaan tanggap bencana di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Prov. Sulawesi Utara Kapolres Bolaang Mongondow Utara AKBP Aries Aminnullah, S.I.K, Gelar apel Pasukan gabungan bersama Instansi terkait dalam rangka Antisipasi Bencana Alam, Rabu (30/11/2022) di Lapangan Kembar Boroko

Selanjutnya pada kegiatan Apel Gelar Pasukan tersebut, dipimpin langsung Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh.

Kegiatan tersebut juga dihadiri para PJU, Personel Gabungan dari unsur TNI – POLRI, Dishub, Damkar, Tagana, BPBD Bolmut, Dinas solsial Kabupaten Bolmut.

Dalam arahan apel Kesiapsiagaan Bupati Bolaang Mongondow Utara memberikan Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kapolres Bolaang Mongondow Utara atas kegiatan tersebut.

Usai kegiatan tersebut Kapolres Bolmut AKBP Aries Aminnullah, S.I.K. menyampaikan, telah melaksanakan koordinasi bersama TNI dan Forkopimda.

“TNI Polri bersama Forkompinda dan Instansi lainnya telah melaksanakan rapat koordinasi terkait penyamaan persepsi dalam penanganan bencana alam di wilayah kab. Bolmut” ucap Kapolres Bolmut

Lanjut Kapolres Bolmut, bahwa dalam rangka penanggulangan bencana, telah satu persepsi untuk mecegah dan mengantisipasi jatuh korban jiwa.

“hal ini dilakukan agar kita harus dan selalu siap siaga dan menyamakan persepsi dalam penanganan bencana alam di wilayah Kab. Bolmut sehingga apabila kejadian bencana alam kita bisa cepat mengantisipasi korban jiwa maupun harta benda” tambah Kapolres Bolmut

Bahkan lebih lanjut lagi dikatakannya, masukan dari masing – masing Forkominda yang menjadi prioritas dalam penanganan bencana alam di wilayah yang jarak tempuh yang cukup jauh sehingga memerlukan waktu untuk sampai ke lokasi harus ada relawan tangguh dimasing-masing Kecamatan untuk membackup terlebih dahulu menunggu perkuatan dari Kabupaten.

“Nantinya Komando dan pengendalian (Kodal) siapa berbuat apa masing – masing instansi akan mendapatkan tugas sesuai dengan tupoksinya sehingga harapannya tidak ada kendala dilapangan terutama perkuatan personil” Tambah Kapolres

Kapolres Bolmut juga menambahkan, penanggulangan bencana alam harus dilakukan dengan menggunakan prinsip dan cara yang tepat dengan tujuan agar tidak terlalu berdampak buruk bagi para korban bencana.

Sebab, lanjutnya lagi, penekanan untuk diperhatikan dan dilaksanakan antara lain lakukan update data daerah rawan bencana, laksanakan penanganan bencana secara terpadu antar stakeholder dan mempersiapkan personil yang siap digerakan setiap saat apabila terjadi bencana.

“Lakukan pengecekan terhadap peralatan dan perlengkapan terkait dengan penanggulangan bencana alam, melaksanakan sosialisai kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana guna warning system untuk selalu memperhatikan kondisi alam atau cuaca sehingga dapat mengantisipasi apabila terjadi bencana, laporkan segera apabila terjadi bencana alam khususnya di wilayah Kab. Bolmut kepada pimpinan secara berjenjang untuk segera dilaksanakan langkah cepat dan tepat,” tutup Kapolres.

 

Pewarta : Chandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *