Pendidikan

Kepala SMA Negeri 1 Terbanggi Besar Buka Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa

Admin
×

Kepala SMA Negeri 1 Terbanggi Besar Buka Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Lampung Tengah – Siswa SMA Negeri 1 Terbanggi Besar telah mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) yang terlaksana selama dua hari, pada 10 -11 Februari 2023 lalu. LKDS ini merupakan syarat wajib diikuti oleh calon  pengurus OSIS dan Eskul.

Kegiatan yang di buka langsung oleh Haryono,S.Sos.,M.Pd. Selaku Kepala sekolah dan di hadiri oleh Waka kurikulum, Waka Kesiswaan , Waka humas dan Pembina Osis.

“Secara garis besar pengertian dari LDKS adalah sebuah kegiatan yang dimana siswa akan diberikan pelatihan dasar mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan kepemimpinan. Melalui pelatihan dasar tentang kepemimpinan tersebut diharapkan siswa pengurus osis dan eskul mampu memberikan kontribusi terbaik kepada sekolah, keluarga dan masyarakat di sekitarnya,” kata Kepala SMA Negeri 1 Terbanggi Besar, diwakili oleh Yunaini selaku pembina osis.

LDKS diberikan agar semua pengurus osis dan eskul yang baru nantinya bisa mengerti dan memahami apa yang menjadi tugas nya, sehingga akan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab. Kegiatan LDKS dilaksanakan dengan bimbingan dari instruktur baik internal Guru) dan eksternal (Jurnalistik dan Kepolisian) juga menggunakan berbagai metode pelatihan seperti games, outbond dan sebagainya.

“Tujuan LDKS ini adalah guna menciptakan karakter siswa untuk menjadi lebih mandiri serta memiliki jiwa kepemimpinan. Menumbuhkan jiwa yang kooperatif kepada siswa agar mampu bekerja sama dengan sesama pengurus osis dan eskul bantunya, dan seluruh anggota sekolah seperti guru dan seluruh siswa,” terangnya.

Tak hanya itu, LDKS juga merupakan cara untuk melatih kemampuan komunikasi yang baik, mengajarkan dan membekali para calon pengurus osis tentang teknik bagaimana menyusun laporan dan juga program kerja di sekolah dan mengasah kemampuan siswa untuk berani bicara di depan orang banyak serta mengasah kemampuan para calon pengurus OSIS untuk bisa mengambil keputusan.

“LDKS juga bertujuan untuk membekali dan meningkatkan kemampuan berorganisasi kepada para siswa. Membantu sekolah untuk menemukan inovasi terbaik bagi pengembangan pendidikan.

Setelah mengetahui LDKS osis dan eskul diharapkan bisa lebih siap menjadi seorang pengurus organisasi siswa tersebut. Semua materi yang diberikan dalam pelatihan dasar tersebut bisa menjadi bekal yang baik bagi masa depan,” tutupnya.

 

Pewarta : Lami/Rls

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *