NusantaraPendidikan

Tanamkan Kepedulian, Rohis Nahl dan OSIS SMAN 2 Metro galang dana Gempa Turki

Admin
×

Tanamkan Kepedulian, Rohis Nahl dan OSIS SMAN 2 Metro galang dana Gempa Turki

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Akibat Gempa di Turki yang terjadi minggu yang lalu dan telah menelan puluhan ribu jiwa. Tercatat lebih dari 36.000 orang tewas dalam bencana tersebut. Gempa berkekuatan hingga 7,8 SR ini terjadi pukul 04.30 waktu setempat. Banyaknya korban yang tertimbun mempersulit dalam proses evakuasi tim penyelamat sukarela dari berbagai negara.

Atas dasar rasa kemanusiaan dan dilandasi kepedulian sesama umat Islam. Maka Rohis An Nahl dan OSIS/PK SMA Negeri 2 Metro, melakukan kolaborasi penggalangan dana dilingkungan sekolah.

Dijelaskan, Kezia Agitha Ketua OSIS SMA Negeri 2 Kota Metro, bahwa kegiatan ini adalah untuk membantu saudara-saudara kita di Turki yang sedang mengalami musibah gempa dan secara sukarela para siswa menyumbangkan sebagian uang jajannya.

“Ini adalah tindakan kecil kami bersama, namun juga menjadi hal yang sangat besar di mata Allah SWT. Caranya kami bersama tim sukarela berkeliling di kelas-kelas lingkungan sekolah. Tidak hanya siswa yang ikut membantu memberikan sumbangan. Tetapi para dewan guru dan seluruhnya yang ada dilingkungan sekolah ini turut berpartisipasi. Alhamdulillah, terkumpul dana kemanusiaan bagi korban gempa negara Turki sebesar 900.000,” ucap Kezia Agitha Ketua OSIS SMA Negeri 2 Kota Metro, dan juga Koordinator aksi penggalangan dana saat di temui Mitrapol.com, Selasa (14/2/2023).

Selanjutnya, Naufal Hafidz Ketua Rohis An Nahl SMA Negeri 2 Metro juga mengatakan, bahwa selain rasa kemanusiaan sesama manusia, ada ikatan batin sejak dahulu antara bangsa Indonesia dan negara Turki.

“Kita tau sejak masa kekhalifahan Turki Utsmani Sultan Muhammad I pernah mengirimkan 9 orang ulama dari negara Turki untuk berdakwah di negara Indonesia. Pada masa itu, yang kemudian disebut sebagai Wali Songo Angkatan I. Inilah yang menjadi ikatan batin dan itu harus kita pahami dan tanamkan sebagai siswa,” ujar Naufal Hafidz.

Sementara itu, Ali Kurniawan, S.HI, M.Pd Kepala SMA Negeri 2 Metro, sangat mengapresiasi dan memberikan support dalam kegiatan siswa dalam penggalangan dana gempa.

“Sebagai negara bersahabat baik, Pemerintah RI sewajarnya mengirim bantuan. Pemerintah Turki juga beberapa kali mengirim bantuan saat terjadi bencana di tanah air, seperti saat tsunami Aceh, gempa Palu, dan terakhir gempa Cianjur. Inilah yang kemudian menjadi inspirasi dari para siswa kami. Oleh sebab itu, kami sangat memberikan support positif untuk menumbuhkan rasa empati mereka kepada sesama manusia. Inilah karakter yang harus terus dipelihara. Bravo untuk anak-anakku SMA Negeri 2 Metro,” ungkap Ali Kurniawan.

Selanjutnya, dana yang terkumpul dari penggalangan dana oleh Rohis An Nahl dan OSIS/PK SMA Negeri 2 Metro, akan disalurkan melalui DPUDT Cabang Kota Metro. Kemudian akan dikirimkan ke negara Turki bersama bantuan lainnya.

 

Pewarta : MM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *