Nusantara

Baru Menjabat, Kepsek SMA Negeri 2 Metro Menggalakkan Program 4 J

Admin
280
×

Baru Menjabat, Kepsek SMA Negeri 2 Metro Menggalakkan Program 4 J

Sebarkan artikel ini
Ali Kurniawan, S.HI, M.Pd , Kepala SMA Negeri 2 Metro saat ditemui Mitrapol.com, Jumat (17/2/2023).

MITRAPOL.com, Metro Lampung – Baru menjabat beberapa waktu lalu sebagai Kepala SMA Negeri 2 Metro, Ali Kurniawan, S.HI, M.Pd  sudah cepat menjalankan berbagai program prioritas 4J bagi kemajuan sekolah tersebut.

Diketahui, melalui Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, bahwa sebelumnya Ali Kurniawan, S.HI, M.Pd adalah Guru di SMAN 1 Seputih Surabaya Lamteng. Namun, atas prestasi dan keberhasilan serta mumpuni dalam memimpin. Akhirnya, dipindah tugaskan untuk memegang amanah menjabat sebagai Kepala SMA Negeri 2 Metro.

Memasuki bulan kedua Tahun 2023, banyak sudah yang dijalankannya bagi kemajuan bagi para siswa di SMAN 2 Metro. Termasuk, adalah program 4 J sebagai salah satu program unggulan sekolah tersebut.

Dijelaskan, Ali Kurniawan selaku Kepala SMA Negeri 2 Metro, bahwa program 4 J yang sudah di lounching. Tetapi ada juga kegiatan positif lainnya. Namun, semuanya tidak akan berhasil tanpa kerjasama antara guru dan siswa.

” Baru saja kita louching, program 4J yaitu Jumat Taqwa, Jumat Sehat, Jumat Bersih dan Jumat Literasi. Kebetulan pada hari ini adalah Jumat Bersih di minggu ke 3 Februari 2023,” kata Ali saat di temui Mitrapol.com, Jumat ( 17/2/2023).

Lebih spesifik lagi, Ali Kurniawan menjelaskan, terkait dari Program 4J yang sudah di jalankan SMA Negeri 2 Metro. Bahkan, para siswa dan dewan guru telah sepakat untukmenjalankan dan menerapkannya di sekolah.

” Semua kegiatan dilaksanakan bersama – sama sebelum proses KBM, seperti Jumat Taqwa para siswa melaksanakan mengaji, tadarus. Lalu, Jumat sehat adalah senam dan sarapan bersama, mereka membawa bekal masing – masing termasuk para dewan gurunya untuk makan bareng. Kemudian, Jumat bersih adalah siswa membersihkan kelas masing – masing dan juga lingkungan sekolah. Terakhir, Jumat literasi yaitu semua siswa wajib membaca buku dihalam sekolah dan Alhamdulillah, semua juga dewan guru telah sepakat,” jelasnya.

Selanjutnya, Ali menjamin jika program 4J yang dijalankan di SMA Negeri 2 Metro, tidak akan menganggu dalam proses (KBM) kegiatan belajar mengajar para siswa. Bahkan, kedepan dirinya berharap atas prioritas program 4J dapat menjadikan para siswa memiliki nilai – nilai baik secara islami.

” Enggak, karena kita jam 8 sudah selesai, lalu KBM nanti kemudian sholat Jumat. Tetep ada sedikit waktu kelebihan, tapi harus dimaklumi juga. Kita berdoa semoga niat baik kita ini bisa di ijabah oleh Allah SWT dalam mendidik anak – anak kita ini,” imbuhnya.

Terakhir, Ali Kurniawan mengatakan seluruh program harus tetap mengacu didalam implemtasi kurikulum merdeka. Tentang bagaimana para siswa dan tanggung jawabnya.

” Salah satunya prinsipnya adalah tugas itu muncul dari siswa. Seolah – olah mereka bukan kita instruksikan. Tapi mereka punya komitmen untuk bangkit. Jadi, kita hanya mengarahkan saja, dalam istilah coaching. Artinya, membangkitkan semangat siswa, ketika mereka berkegiatan dan kita cukup mengkontrol saja. Oleh karena itu, kurikulim merdeka itu tapi bagaimana siswa belajar tanpa tekanan. Sebenarnya, kalau sudah IKM ( Implementasi Kurikulum Merdeka ) tidak ada lagi aturan siswa yang ada kesepakatan siswa. Mereka sepakat untuk baik, jadi enggak ada lagi hukuman, tetapi yang ada konsekuensinya dan itu sudah kesepakatan bersama,” tutup Ali Kurniawan.

 

Pewarta : MM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *