Info Polri

Polda Sumsel gelar kegiatan Rakernis Fungsi Teknis Binmas Polda Sumsel

Admin
344
×

Polda Sumsel gelar kegiatan Rakernis Fungsi Teknis Binmas Polda Sumsel

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, PALEMBANG – Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) yang memiliki fungsi sebagai pembinaan masyarakat yaitu meliputi kegiatan ketertiban sosial, dan pengawasannya pembinaan terhadap bentuk pengamanan swakarsa, serta kegiatan kerja sama dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

Oleh karena itu, Polda Sumsel menggelar kegiatan Rakernis Fungsi Teknis Binmas Polda Sumsel 2023 dengan tema ” Optimalisasi Peran Fungsi Binmas Guna Mencegah Karhutla dan Sukseskan Pemilu 2024 di Bumi Sriwijaya” di Hotel Airish Palembang, Rabu (15/3).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo yang dihadiri pejabat utama (PJU) Polda Sumsel, Irwasda (AKM Polda Sumsel Kombes Pol Bambang Irawan SIK MSI), Karo Ops Polda Sumsel Kombes Pol Drs Kamaruddin M Si, Dirintelkam (Wadir), Dirreskrimsus (Wadir), Dirreskrimum (Wadir), Dirsamapta Polda Sumsel Kombes Pol Budi Mulyanto SIK MH, Dirbinmas Polda Sumsel Kombes Pol Sofyan Hidayat SIK MM, Dirpolairud Polda Sumsel Kombes Pol Andreas Kusmaedi MM, Dirpamobvit Polda Sumsel Kombes Pol Mirzal Alwi SIK, Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Drs Supriadi MM, Kabidkum (di wakili), Ka SPKT, Para Kasat Binmas jajaran Polda Sumsel dan Perwakilan Bhabinkamtibmas jajaran Polda Sumsel.

Irjen Pol Rachmad mengatakan, Rakernis fungsi teknis Binmas tahun 2023 yang akan dilaksanakan ini dengan fungsi pembinaan masyarakat yang professional, dan berintegritas untuk mewujudkan Kamtibmas yang kondusif dalam menyukseskan pemilu 2024 dan program pembangunan nasional hingga mencegah Karhutla.

Dijelaskannya tujuan fungsi Rakernis tahun ini adalah guna membahas masalah teknis terkait tugas yang akan dihadapi di tahun 2023. “Sekaligus mempersiapkan kekuatan dalam menghadapi dinamika nasional pemilu 2024 dan program pembangunan nasional serta upaya kita melanjutkan pembangunan dalam rangka pemulihan ekonomi yang masih menjadi fokus utama pemerintah Indonesia,” bebernya.

Lanjut dia mengatakan dalam hal ini Polri khususnya Binmas memiliki tanggung jawab agar pelaksanaan agenda tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Melalui Rakernis fungsi teknis Binmas ini diharapkan dapat menyamakan pola pikir, pola sikap dan pola tindak para pengemban fungsi Binmas dalam mewujudkan profesionalitas, dan soliditas serta sinergitas guna mengawal tahapan pemilu serta program pembangunan nasional.

Saat ini tugas peran Binmas dalam menjaga Kamtibmas melalui kegiatan pre-emtif yang bersinggungan dengan masyarakat. “Alam sekitarnya merupakan perintah tugas dari tuhan yang maha esa. Maka dari itu para pengemban fungsi binmas dituntut agar memahami dan mampu mengemban tugas dengan baik, dan benar sehingga tercipta Polri yang presisi,” aku dia.

Sebab menurutnya presisi bukanlah sembarang slogan namun merupakan misi yang harus diwujudkan dengan bekerja keras. “Berpikir cerdas sehingga dapat membangun simpati dan persepsi positif masyarakat terhadap Polri,” tuturnya.

Kendati demikian, ia juga turut mengapresiasi pada kesempatan itu bisa hadir Rakernis tersebut supaya dapat berjalan lancar. “Saya juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih atas segala upaya kerja keras yang telah dilakukan oleh fungsi Binmas dalam membantu, dan berkontribusi melaksanakan tugas pokok pembinaan masyarakat di wilayah Polda Sumsel bisa aman juga kondusif,” pungkasnya.

 

Pewarta : Alex

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *