Hukum

Pemilik Radio Mora Kopjaskum tidak hadir, Sidang di tunda 3 Minggu ke depan

Admin
487
×

Pemilik Radio Mora Kopjaskum tidak hadir, Sidang di tunda 3 Minggu ke depan

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Bandung Jabar –  Sidang Perkara Perdata dengan Nomor Perkara 281/pdt G/2023/PN.BB tertanggal 27 Oktober 2023 yang menyeret anggota Koperasi Jasa Hukum (KJH) atau dikenal dengan KOPJASKUM RADIO MORA BANDUNG kembali digelar di ruang sidang Pengadilan Negeri Bale Bandung, Baleendah Kab. Bandung, Kamis 18 Januari 2024.

Bertempat di Ruang Sidang II Soerjadi sidang di pimpin oleh Hakim Ketua Vici Daniel Valentino, S.H. M.H., Hakim 1 Catur Prasetyo, S.H., M.H., dan Hakim 2 Dari Swastika Rini, S.H.

Diketahui, Kuasa Hukum para penggugat diantaranya Richard H. Sitinjak, S.H.,M.H, Ny. Herawati, S.H.,C.md., dan Ponco Putra, S.H.,M.H., menggugat 5 orang serta 18 instansi lainnya yang turut tergugat.

Saat persidangan, Hakim Ketua Vici Daniel Valentino, S.H.,M.H, memeriksa berkas serta menerangkan terkait surat panggilan dari pihak Pengadilan Bale Bandung yang tidak kunjung di hadiri oleh para tergugat serta memutuskan bahwa sidang kembali ditunda hingga 3 Minggu kedepan.

Usai persidangan, Adv. Herawati, S.H., mengatakan bahwa sidang kali ini merupakan sidang yang ke-6 kalinya, ia juga mengatakan bahwa dari awal persidangan hingga saat ini pihak tergugat tidak kunjung hadir untuk memberikan hak jawabnya.

“Dari awal hingga 6 (enam) kali persidangan dengan agenda pemanggilan, pengadilan ternyata masih memerlukan waktu. Seperti yang kita dengar bersama, Pihak pengadilan menyatakan bahwa para pihak yang turut tergugat berada di luar pulau Jawa masih membutuhkan waktu sehingga kita juga paham, karena pihak turut tergugat itu ada yang berada di luar Jawa seperti Kalimantan, Medan, Samosir dan lain – lain,” ungkapnya usai persidangan.

Sehingga, lanjutnya,”Ketika pengadilan meminta waktu sampai 3 (tiga) Minggu kedepan, tentunya kita mengapresiasi pihak pengadilan dimana telah mempertimbangkan bahkan telah memberikan jawaban yang signifikan buat kami semua,” ucap Herawati.

“Datang atau tidaknya pihak tergugat bagi kami tidak berpengaruh, karena seperti yang kita ketahui hal itu adalah prosedur yang harus dijalani oleh semua pihak baik itu kami sebagai pihak penggugat ataupun pihak tergugat dimana hal tersebut tentu ada konsekwensinya. Makanya kami tegaskan, bahwa dengan atau tanpa hadirnya pihak tergugat bagi kami tidak masalah. Jika pihak tergugat datang tentunya kami bersyukur, namun jika tidak datang artinya pihak tergugat sudah mengukur dan mempertimbangkan bahwa mereka tidak mempergunakan hak jawabnya berarti menyetujui gugatan kami,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Adv. Ponco Putra, S.H., M.H., menambahkan, “Untuk sidang selanjutnya, apabila tergugat 2 (dua) hadir maka sidang memasuki agenda mediasi, namun jika tidak hadir disini ada tergugat 3 (tiga) yang selalu hadir dan kemungkinan kita akan bermediasi dengan pihak tergugat 3 (tiga) walaupun intinya kita ada kepentingan dengan tergugat 2 (dua) dan tergugat 1 (satu),” jelasnya.

Sementara itu, Adv. Richard H. Sitinjak, S.H., M.H., mengatakan, “Menurut informasi, pada hari Senin Monang hadir di PN Bale Bandung sebagai kuasa hukum dalam persidangan perceraian, yang jadi pertanyaan bagi kita adalah kenapa di hari ini dia tidak hadir,” tanyanya heran.

“Dengan begitu, kita kembalikan lagi kepada pihak pengadilan, karena dia sudah menerima surat panggilan 2 (dua) kali namun menolak artinya tinggal 1 (satu) kali lagi panggilan setelah itu akan berjalan dengan normal artinya di 3 (tiga) Minggu ke depan apakah bisa langsung ke pokok acara atau mediasi,” ujarnya.

Terakhir Adv. Iskandar Riza, S.H., C.Md., menambahkan,”Kami dari kantor hukum Barristers Bonafide sebagai kuasa hukum tentunya berupaya untuk memaksimalkan proses pengadilan sehingga dapat berjalan dengan lancar normatif, kepada para klien kami juga sampaikan untuk bersabar mengikuti proses hukum ini,” tandasnya.

 

Pewarta : Hamdani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *