Nusantara

Bumdes desa Na. Lot Seberuang terlihat tidak terawat dan terbengkalai

Admin
795
×

Bumdes desa Na. Lot Seberuang terlihat tidak terawat dan terbengkalai

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Kapuas Hulu Kalbar – Saat awak media mitrapol.com berada di desa Na. Lot kecamatan seberuang, melihat sebuah bangunan yang sudah dipenuhi rerumputan dan akar-akar pohon menghiasi bangunan tersebut.

Melihat hal tersebut, awak media langsung mendokumentasi kondisi bangunan tersebut, saat awak media melihat banguan tersebut tiba-tiba milintas seorang warga.

Awak media pun langsung menanyakan status bangunan tersebut, warga itu pun menjawab bahwa itu bangunan Bumdes dan yang disemak-semak itu adalah Pom Bensin mini yang dulunya menjadi usaha Bumdes, jelasnya, Sabtu (27/1/24).

Lebih lanjut warga tadi menjelaskan,”itu semua sudah tidak jalan lagi, dikarenakan pengelolaan dana Bumdesnya tidak jelas,” ungkapnya

Saat awak media mau mengkonfirmasi kekantor desa ternyata kantor tutup dikaren kan hari libur.

Kami menduga ini satu diantara sekian banyak desa yang memiliki persoalan serupa menggunakan dana desa (keuangan negara) tapi tidak terarah dan banyak terjadi kerugian keuangan negara.

Nah yang sangat mengherankan bagaimana pertanggungjawbaan hal tersebut.

Kami mendesak aparat penegak hukum beserta BPK untuk mengaudit semua desa, terkait penggunaan dana desa tersebut, kami menduga penggunaan dana desa banyak menimbulkan kerugian negara seperti yang terjadi di desa Na. Lot ini, dimana Pom Bensin Mini dibiarkan terbengkalai.

Awak media juga mendapatkan informasi walau pun belum tentu kebenarannya, bahwa banyak desa yang menggunakan tenaga pendamping desa untuk membuat pelaporan pertanggung jawaban dana desa tersebut.

Dengan isu tersebut, awak media berharap kepada aparat penegak hukum beserta BPK untuk bergerak cepat supaya tidak terjadi penyimpangan yang berlangsung lama, apalagi sekarang masa jabatan desa diperpanjang.

Sampai berita ini diturun kan awak media belum bisa konfirmasi kepihak dinas terkait dikarena hari libur.

 

Pewarta : Rajali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *