Jakarta

Munas ke II PMNBI, Fa’ahakhododo Maruhawa: Semoga PMNBI terus menjalin sinergitas pada Pemerintah

Admin
594
×

Munas ke II PMNBI, Fa’ahakhododo Maruhawa: Semoga PMNBI terus menjalin sinergitas pada Pemerintah

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Jakarta – Organisasi Masyarakat Nias bernama Persatuan Masyarakat Nias Barat Indonesia (PMBNI) menggelar Seminar dan Musyawarah Nasional (Munas) ke 2 serta memilih kembali kepengurusan yang baru, di Menara Hijau Pancoran Jl. Letjen M.T. Haryono Jakarta Selatan, Sabtu (23/3/24).

Fa’ahakhododo Maruhawa mantan Ketua Umum PMNBI yang 2 periode memimpin Ormas ini menyampaikan bahwa selain Munas juga di gelar Seminar Nasional dengan Tema: “Pembangunan Wilayah Pesisir Untuk Memajukan Nias Barat – Kepulauan Nias”, untuk mendukung langkah pemerintah dalam memajukan sektor Pariwisata yang di miliki oleh Nias Barat.

“Ya, sengaja kita mengundang Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Ir. H. Mochamad Basuki M.Sc., Ph.D Hadimoeljono, untuk mendengarkan apa yang menjadi keluhan dan permasalahan dalam memajukan Destinasi Wisata kita di Nias Barat tapi karna sesuatu hal, Bapak menteri tidak bisa hadir. Tentunya melalui PMNBI terus berupaya menyampaikan hal ini hingga didengar di pusat, inilah bagian dari kolaborasi ormas kita dengan Pemerintah Daerah”. Ungkap ketum PMNBI periode 2020 – 2024 yang sekarang jadi Ketua Penasehat.

Lanjut Fa’ahakhododo bahwa Perlu kesungguhan untuk membangun pariwisata baik itu budaya maupun destinasi wisatanya Nias Barat yang memiliki destinasi wisata bahari yang sebenarnya kalau diolah di bangun akan menjadi sumber Pendapatan Anak Daerah (PAD) kedepan.

Destinasi wisata yang sangat bagus itu dan program dari dinas pariwisata kabupaten Nias Barat yang bagus terkendala dengan infrastruktur dan juga air bersih.

Apapun namanya pariwisata tanpa didukung dengan infrastruktur yang memadai tidak akan membuat dampak bagi daerah pariwisata itu sendiri juga bagi masyarakat, jelas Faahakhododo Maruhawa.

Fa’ahakhododo Maruhawa

“Salah satu agenda hari ini adalah mendengarkan laporan pertanggungjawaban pengurus PMNB Indonesia  persatuan masyarakat yang sebelah barat sebelumnya dan sudah terlaksana dengan baik dilanjutkan dengan proses pemilihan ketua umum yang baru, masa bakti 2024-2028 jelas Ir.Leather DS Daeli

Salah satu tujuan dari pada kehadiran perwakilan pemerintahan kabupaten Nias Barat adalah sebagai bentuk dukungan sinergisitas pemerintah nias barat kepada ormas PMNBI yang berdomisili di jakarta sekaligus untuk memaparkan potensi apa yang boleh dikembangkan di kabupaten Nias Barat ke depan jelas ASDA III Sabahati Gulo, S.Sos sebagai  Asisten Administrasi Umum pada Sekretariat Daerah Kabupaten Nias Barat mewakili Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu

Selain ASDA III Sabahati Gulo, S.Sos  juga turut hadir Kadis kominfo Kab Nias barat Sonifati Zebua, MM, Kadis Pariwisata April Imelda Juita Hia, S.Pd.,M.Si menyampaikan paparan potensi di kabupaten Nias barat bertujuan menumbuhkan perekonomian masyarakat nias barat.

Kadis Pariwisata April Imelda Juita Hia, S.Pd.,M.Si kepada wartawan mengatakan Kabupaten Nias Barat memiliki beberapa potensi pariwisata yang tidak kalah dengan daerah yang lain di Indonesia apabila dikembangkan salah satu alternatif meningkatkan ekonomi masyarakat yaitu pariwisata juga bidang pertanian perikanan.

“Salah satu dampak bila pariwisata berkembang adalah membuka lowongan kerja bagi warga sekitar  memfasilitasi usaha-usaha kuliner dan untuk mendapatkan retribusi yang bisa masuk  ke PAD (Pendapatan Asli Daerah), salah satu  yang menarik pariwisata di Kabupaten Nias Barat adalah pariwisata rekreasi di Pantai Sirombu, jelas Kadis April Imelda Juita Hia, S.Pd.,M.Si.

 

Pewarta: Yape Mp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *