Seluruh WBP Lapas Brebes Ucapkan Janji Saat Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih

MITRAPOL.com, Brebes – Seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Brebes melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih pada, Senin (09/01) pagi. Upacara dengan tujuan memupuk rasa kebangsaan ini, dilaksanakan dengan khidmat di lapangan dalam Lapas tersebut.

Dalam amanatnya, Kepala Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Heru Sabdo Yuwono, selaku Inspektur Upacara menyatakan rasa bangga dan syukurnya karena para WBP dapat kembali melaksanakan Upacara Bendera setelah terhenti karena pandemi Covid -19, dan berharap kegiatan tersebut dapat dilaksanakan kembali minimal sebulan sekali. Ditegaskannya pula bahwa upacara bendera mempunyai fungsi menanamkan nilai-nilai kebangsaan serta bangga berbangsa dan bernegara Indonesia.

“Kalian secara bersama-sama telah mengucapkan ‘Catur Dharma Narapidana’, artinya kalian telah mengucapkan janji, yang salah satunya berjanji menjadi manusia yang ber-Pancasila dan menjadi manusia pembangunan yang aktif dan produktif, serta berjanji untuk memelihara tata karma dan tata tertib,” pesannya.

Dalam upacara yang seluruh petugas upacaranya WBP tersebut, Heru menegaskan bahwa janji tersebut harus diwujudkan WBP dengan mematuhi tata tertib atau tidak melanggar aturan di Lapas Kelas IIB Brebes. Pelanggaran yang dilakukan akan merugikan WBP itu sendiri dan akan mendapatkan sanksi atau teguran dalam berbagai bentuk dari Lapas Kelas IIB Brebes.

Sebaliknya mereka yang patuh pada tata tertib, maka Lapas akan memenuhi segala hak WBP, seperti hak asimilasi, integrasi, maupun hak pembinaan.

Upacara berjalan dengan lancar. Seluruh rangkaian upacara dilaksanakan dengan penuh kedisiplinan. Usai dibubarkan, para WBP kembali ke kamar hunian masing-masing secara tertib.

 

Pewarta : Imaeel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *