Info Polri

Polres Toba laksanakan apel gelar pasukan pengamanan Natal 2023 dan Tahun baru 2024

Admin
296
×

Polres Toba laksanakan apel gelar pasukan pengamanan Natal 2023 dan Tahun baru 2024

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Toba Sumut – Kapolres Toba AKBP Wahyu Indrajaya, S.Ik.,SH, memimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin 2023, pengamanan Perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, bertempat di Lapangan Mapolres Toba, Kamis (21/12/2023).

Dalam kesempatan ini dibacakan amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi DRS. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, secara langsung oleh Kapolres Toba AKBP Wahyu Indrajaya, bahwa pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) merupakan tugas rutin yang harus dipastikan berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar.

“Tahun Baru 2024 diperkirakan mencapai 107,63 juta orang, meningkat sebesar 143.65% atau 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya,” sebut Kapolres.

Selain itu, Kapolres menyampaikan, perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi.
“Oleh sebab itu, dalam rangka pengamanan Nataru, Polri didukung TNI, Pemda, mitra Kamtibmas dan stakeholder terkait menggelar operasi kepolisian terkait dengan sandi “Operasi Lilin 2023″ selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024,” lanjut Kapolres.

Kapolres memaparkan, Operasi Ini melibatkan 129.923 personil yang terdiri dari TNI-Polri serta stakeholder terkait lainnya yang ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan.

Data dalam pengadaan Pos ada tiga (3) Pos yaitu Terpadu ada 2 Pos yaitu Pos Pantau Pelabuhan Ajibata dab pelabuha balige , Pos Pelayanan ada 4 Pos Yan al. Pos Yan Simpang Jangga dolok , Pos Yan Baypass Tambunan, Pos Yan Baypass Longat , dan Pos Yan SPBU Lagu boti sedangkan Pos Pam ada 5 Pos al. Pos Pam Simpang Sibisa , Pos Pam Porsea ,Pos Pam Simpang Silimbat , Pos Pam Lagu boti dan Pos Pam Balige.

Dan personil yang terlibat yaitu Polri ada 185 persinil , dari Sat Pol Pp ada 54 personil , Dishub ada 54 personil , dari TNI 28 personil , BPBD 8 personil dan dari Dinkes sebanyak 41 personil.

“Pada Nataru tahun ini, polri dan stakeholder terkait telah memetakan permasalahan Kamseltibcar lantas dan Kamtibmas yang harus diwaspadai. Pada sisi Kamseltibcar lantas, Polri bersama stakeholder terkait telah menerbitkan SKB yang memuat tentang pembatasan operasional angkutan barang, penerapan rekayasa lalulintas, pengendalian lalu lintas penyeberangan laut¬† dan penundaan perjalanan,” ucapnya.

Apel Gelar Pasukan ini dihadiri oleh Wakapolres Toba Kompol Bernard Simarmata, Bupati Toba Ir Poltak Sitorus, Dandim 0210/TU Letkol Inf Saiful Rizal S.Hub Int yang di wakili oleh Danramil 13/Porsea Kapten Inf Tetap Lumbantoruan, Dan Subdenpom Balige 1-2 Kapten CPM Chaniago, Kadis Kesehatan Toba dr Freddy Sibarani, Kadishub Toba Sikkat Sitompul, Jasa Raharja Toba Dedi Manurung, Danramil Jajaran Kodim 0210/TU se Kabupaten Toba, Camat se-kabupaten Toba, Kapolsek Jajaran Polres Toba, PJU Polres Toba, Dinas Kesehatan Kabupaten Toba, Satpol PP Kabupaten Toba, BPBD Kabupaten Toba, dan Damkar Kabupaten Toba

 

Pewarta : Abdi. S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *