Info Polri

Kapolsek Pante Bidari Monitoring Jembatan Ambruk Akibat Banjir

Admin
×

Kapolsek Pante Bidari Monitoring Jembatan Ambruk Akibat Banjir

Sebarkan artikel ini

MITRAPOL.com, Aceh Timur – Kapolsek Pante Bidari Polres Aceh Timur Polda Aceh Iptu Munawir yang didampingi oleh sejumlah personil Polsek dan koramil 20 Pante Bidari terjun langsung ke desa Sijudo setelah mendapat laporan terkait ambruknya jembatan berkonstruksi Rangka baja milik PT. Triangle Pasee, Inc. Akibat terjangan banjir pada Senin (20/5/24) jam 5 pagi.

Kapolsek Pante Bidari Iptu Munawir. HRD., S.K.M. yang diwawancarai awak media ini saat monitoring ambruknya jembatan penghubung desa sijudo dan Sahraja mengatakan, “akaibat hujan deras dalam dua hari terakhir sehingga mengakibatkan debit air sungai bertambah. Ujarnya.

“dilaporkan bahwa peristiwa robohnya bangunan jembatan kontruksi rangka baja milik PT. Triangle Pasee, Inc. tersebut terjadi pada hari senin pagi, diperkirakan sekira pukul 05.00 Wib, dimana pada saat itu disekitar sungai sijudo debit air sedang meningkat dan dengan bersamaan pada saat itu tepatnya dibawah jembatan kontruksi rangka baja tersebut sudah menumpuk sampah ( kayu ) yang mengakibatkan laju air berubah haluan menuju kesebelah kanan dari arah arus air tersebut sehingga dinding tanah tersebut mengalami abrasi yang mengakibatkan rohoh/ jatuh nya besi penghubung sepanjang 10 ( Sepuluh ) Meter ke jembatan utama kedalam sungai sijudo sehingga akses jalan tersebut tidak dapat dilalui dengan berjalan kaki maupun dengan menggunakan kendaraan bermotor. Ujar Iptu Munawir, Selasa 21 Mei 2024.

Lanjutnya, “Berkenaan dengan terjadi peristiwa robohnya bangunan jembatan kontruksi rangka baja milik PT. Triangle Pasee, Inc. Kami sudah melakukan koordinasi bersama dengan Humas PT. Triangle Pasee, Inc., perangkat Gampong Sijudo dan Gampong Sah Raja guna melakukan penanganan sementara atau jembatan Darurat, dan kami juga sudah menyampaikan kepada pihak PT. PT. Triangle Pasee, Inc agar dengan segera bisa membangun kembali jembatan, mengingat ini merupakan akses utama masyaraka didua desa ini, kata Iptu Munawir.

Iptu Munawir menambahkan, “kami juga nantinya bersama masyarakat dan pihak Pt triangle ini akan bersama sama membersihkan sampah tumpukan sampah ( kayu ) pada bawah bangunan jembatan, guna kelancaran arus sungai serta menjaga kondisi bangunan jembatan tersebut agar tetap aman, jelasnya.

Hadir dalam kegiatan monitoring tersebut, Iptu Munawir. HRD., S.K.M. – Kapolsek Pantee Bidari, Aipda Yudi Hariyanto – Kanit Samapta Polsek Pantee Bidari, Bripka Mulyadi – Bhabinkamtibmas Polsek Pantee Bidari, Brigadir Fery Alda Putra – Bhabinkamtibmas Polsek Pantee Bidari, Sertu Johanes Wawan – Babinsa Koramil 20 Pantee Bidari, Sertu Nur Chandra Mustofa – Babinsa Koramil 20 Pantee Bidari, H. Razali – Humas PT. Triangle Pasee, Inc. Security PT. Triangle Pasee, Inc. Perangkat Gampong Sijudo, dan Perangkat Gampong Sah Raja Kecamatan Pantee Bidari Kabupaten Aceh Timur.

Sampai dengan saat ini jembatan penghubung Gampong Sijudo – Gampong Sah Raja untuk sementara belum dapat dilalui oleh masyarakat, masyarakat di dua desa tersebut terisolir, namun demikian masyarakat masih dapat menggunakan jalur sungai jika memiliki keperluan ataupun hendak keluar dari desa tersebut, tutur Iptu Munawir.

 

Reporter : Zul Aceh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *